Thursday, June 11, 2020

Tuti Septa Lusiana_6B PG PAUD


Nama Lengkap : Tuti Septa Lusiana
NIM : 1706084
Kelas : 6B PG PAUD

I. Project 1 :Unboxing Video
Produk                        : Unboxing Water Safari Games
                                     ( https://youtu.be/RmTMY_F99wY
Cerita                          : 
Unboxing Water Safari Games merupakan sebuah video tentang bagaimana cara memainkan, manfaat, kelebihan dan kekurangan games tersebut serta kecocokan untuk anak usia dini. Games ini bertemakan tentang ekosistem hewan dan Tumbuan di laut. 
Alasan memilih project ini, karena ini untuk pertamakalinya saya membuat video yang dishare secara publik, titik awal dimana saya harus membiasakan diri bersama kamera, serta yang membuat saya termotivasi ingin menciptakan  games-games berbahasa Indonesia. 
Suka dan duka dalam pembuatan project tentu dalam setiap project itu ada, sukanya alhamdulillah project selesai tepat waktu dan saya senang dengan hasilnya. Berkerjasama dengan partner yang saling melengkapi. Rintangan dalam pembuatan video itu ketika pembuatan take video hingga menggunakan 3 laptop dengan berbagai kendala. Di laptop pertama kamera tidak ada, di laptop kedua tiba-tiba suaranya tidak ada dan di laptop terakhir harus berbayar padahal udah paket komplit kamera dan suara ada. Kita mengerjakan take dari pagi namun hingga menjelang sore laptop belum berfungsi, alhamdulillah di laptop ke dua bisa setelah mengulang kembali dari awal. Untuk proses editing sendiri setelah selesai pas akan diupload partner saya mengabarkan video dengan suara berbeda. Setelah menunggu alhamdulillah videonya bisa dilihat secara lancar dan ter upload. Untuk take video tentunya berulang kali hingga tak terhingga, terimakasih partner saya yang sabar menunggu saya take berulang kali. 
Hal yang saya pelajari di project ini banyak sekali dari pembiasaan saya mengahadapi kamera, saya juga belajar bahasa seperti vlog karena bahasa saya terlalu formal, belajar menggunakan website games anak, belajar menggunakan app screen O'matic,  belajar sabar itu yang paling utama dalam project ini karena melatih kesabaran. 

II. Project 2 : Read Aloud Video
Produk                        : Dongeng Pak Guru Singa
                                   : https://youtu.be/Ywn2UPiT81g
Cerita                          : 
Dongeng Pak Guru Singa ini merupakan project read Aloud video yang menceritakan tentang seorang guru pengganti yang luar bias yaitu seekor Singa.  Seorang guru yang menyenangkan dan disenangi anak-anak. Pesan yang disampaikan buku ini adalah tentang berprasangka baik. 
Alasan memilih project ini karena video yang membuat saya penasaran untuk membuat seperti video yang dicontohkan hingga membuat mencoba berbagai aplikasi. 
Suka dan duka dalam project ini. Untuk sukanya saya memang senang dalam dunia desain, edit video, membuat gambar-gambar digita jadi selama mengerjakan video saya senang. Dukanya saya mengerjakan berbagai aplikasi namun untuk aplikasi pembuatan animasipun saya masih nihil dan pusing karena saya sendiri bukan yang ahli menggambar jadi saya memutuskan untuk membuat foto itu bergerak dan mungkin sedikit bergerak di bagian part melihat awan berbentuk pesawat, burung dan layang-layang. Di part pertama saya menggerakkan sedikit saya memikirkan untuk membuat animasi yang bergerak bergoyang karena ada part dibuku anak-anak bernyanyi dan bergoyang saya menghabiskan waktu lama untuk itu hingga waktunya deadline saya belum menemukan jadi saya lewat untuk itu, walaupun sampai sekarang saya masih penasaran akan dunia animasi. Selain itu di part buku ada sebuah lagu yang ada lirik tanpa nada saya mencari berbagai nada lagu untuk dicocokkan hingga menemukan yang cocok alhamdulillah. Untuk di part lagu saya merasa kurang puas karen saat rekaman itu suara saya memang sedang flu. Untuk video ini saya cukup senang selesai pada waktunya namun saya belum merasa maksimal untuk project ini saya masih penasaran untuk menggali lagi ilmunya. 
Hal yang saya pelajari beberapa aplikasi pembuatan animasi, intonasi bercerita, bernyanyi, dan  menirukan suara. 

III. Kesan selama mengikuti mata kuliah ini : Selama perkuliahan satu semester ini saya merasa senang mata kuliah ini mengajarkan namanya kesabaran, dan mencoba berulang-ulang untuk hasil maksimal, dan untuk Miss Finita selama perkuliahan sangat mengarahkan walaupun dalam pandemi ini menjelaskan apa yang harus dikerjakan secara mendetail, Terimakasih Miss Finita atas semuanya yang telah diberikan dan semoga miss Finita serta keluarga selalu dalam keadaan sehat walafiat Aamiin.. Alhamdulillah Aamiin.. 

IV. Hal yang masih ingin dipelajari dari mata kuliah ini : Saya ingin memperdalam tentang dunia teknologi yang bisa diterapkan untuk AUD, mempelajari lebih dalam dunia desain, dunia animasi dan tentang pembuatan sebuah buku yang gambarnya animasi-animasi untuk AUD serta membuat games sederhana. 


2 comments:

  1. Unboxing Website
    1. Kejelasan deskripsi website 80
    2. Kejelasan Demonstrasi website 70
    3. Kejelasan analisis relevansi website 80

    Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi: 100
    2. Interaktivitas: 70
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD: 90


    ReplyDelete