Sunday, June 14, 2020

Refleksi Elis Yohana Fazria

Nama : Elis Yohana Fazria
NIM : 1702791
Kelas : 6A PGPAUD

1. Project 1 : Unboxing Video (Game Ribbit)


Cerita :
a. Project ini berisi tentang bagaimana mengenalkan teknologi yang cocok diterapkan untuk anak usia dini ketika disekolah. Dalam permainan disini dapat mengenalkan angka, mengasah perkembangan kognitif, mengenalkan hewan kepada anak. Di video ini juga menampilkan bagaimana cara bermaian permainannya. Web site yang ditampilkan sangat cocok  untuk anak usia dini karena dapat mengenalkan teknologi kepada anak dan memotivasi anak untuk belajar
b.  Saya merasa senang karena saya dapat mengetahui pembelajaran TIK yang cocok untuk diterapkan pada anak usia dini itu seperti apa
c. Suka : saya dan rekan saya dapat bekerjasama dengan baik kita dapat memutuskan bersama permaianan apa yang akan kita ambil, kita membuat kesepakatan untuk membuatan videonya dan pada saat pembuatan video kita dapat bergantian beristirahat
Duka : Aplikasi untuk pembuatan video yang tidak mendukung pada laptop kita berdua sehingga mengharuskan kita untuk mencari pinjaman laptop kepada teman yang lain
d. Menjadikan saya menjadi tau bahwa kita harus tetap mengenalkan teknologi kepada anak dengan catatan harus dalam pengawasan orang dewasa

Project 2 : Read Aloud Video ( Kisah Keangkuhan Jerapah)


Cerita :
a. Project ini menceritakan kisah tentang hewan yang ada dihutan. Ceritanya berisi tentang keangkuhan jerapah yang kekeh bahwa dirinyalah yang akan menjadi pemenang pada sayembara mencari anggur kuning yang diadakan oleh sang raja hutan untuk menyembuhkan penyakit yang diderita putrinya, padahal sayembara pun belum dimulai. Ketika sayembara dimulai semua binatang mengikutinya tetapi tidak semua binatang mampu menyelesaikan sayembara yang tersisa hanyalah jerapah dan kelinci namun yang berhasil membawa anggur kuning hanyalah kelinci karena kaki jerapah yang tiba-tiba keram sehingga membuatnya tidak dapat mengambil anggur kuning, jerapah pun dibantu oleh kelinci untuk melanjutkan perjalananya sampai ke istana.
b. Saya merasa senang dengan produk ini karena saya dapat berbagi untuk menceritakan kembali cerita anak-anak karena sekarang sudah sulit untuk mencari buku cerita anak-anak

c. Suka : saya menyukai produk ini karena saya tidak terlalu sulit, saya juga merasa senang karena dapat menceritakan kembali isi dari buku tersebut
Duka : sangat sulit mencari buku cerita untuk anak-anak apalagi sekarang sedang berjalannya psbb sehingga membuat banyak toko buku yang tutup, pada saat pembuatan video saya kuwalahan dengan kedua keponakan saya yang masih usia 3 dan 6 tahun mereka tidak mau diajak membuat video tetapi mereka selalu menggagalkan saya dalam pembuatan video sehingga saya harus berpindah-pindah tempat dalam pembuatannya, dan karena keterbatasan saya dalam mengedit sehingga saya merasa kurang maksimal

d. Dengan adanya project ini peralajaran yang dapat saya ambil adalah menceritakan kembali itu sangat menyenangkan namun mencari sumbernya yang cocok untuk anak-anak itu masih kurang

3. Mata kuliah ini sangat menarik dan dapat memperluas wawasan mengenai teknologi yang cocok untuk anak usia dini walaupun sedikit terhambat karena sedang adanya pandemi ini

4. Saya masih ingin mengetahui banyak hal tentang teknologi yang cocok diterapkan kepada anak usia dini

1 comment:

  1. Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi 80
    2. Interaktivitas 70
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD 80

    Unboxing Website
    1. Kejelasan deskripsi website 80
    2. Kejelasan Demonstrasi website 70
    3. Kejelasan analisis relevansi website 80

    ReplyDelete