Friday, June 12, 2020

Refleksi_Diah Setiana

Nama : Diah Setiana

Kelas : 6A PGPAUD

NIM : 1703651

 

1.      Project 1

·         Produk : https://youtu.be/IwitINt1_qQ

 

a)    Tugas Reading Aloud yang saya buat ini menceritakan tentang binatang harimau dengan ketiga temannya yaitu rusa, monyet dan sapi. Dalam cerita ini menceritakan bahwa ada seekor harimau yang suka menolong teman-temannya ketika dibutuhkan. Jadi dengan saya membacakan cerita ini semoga teman-teman dirumah khususnya anak usia dini mau menolong siapapun yang membutuhkan pertolongan baik itu manusia, hewan, dan tumbuhan.

b)   Alasan saya memilih project reading aloud ini karena menurut saya project ini project yang sangat saya suka diantara project lainya karena melalui reading aloud ini akan memudahkan orangtua dalam menanamkan sikap baik pada anak melalui isi ceritanya. Selain itu juga project ini mungkin memiliki waktu yang tepat yaitu di masa pandemi dimana banyak anak-anak yang sudah mulai jenuh dengan aktivitasnya dirumah dan rindu sekolah, ingin mendengarkan cerita-cerita yang biasanya diceritakan oleh gurunya disekolah sehingga dengan melihat konten reading aloud di yootobe ini, anak dapat mengurangi rasa bosan dan rasa rindunya pada sekolah.

c)    Suka duka saya dalam pembuatan project ini, duka yang pertama yaitu kurangnya peralatan untuk melakukan take video sehingga gambarnya sedikit buram juga kurang pahamnya saya mengenai aplikasi-aplikasi untuk mengedit video. Lalu untuk suka nya tentu saya merasa bahagia karena saya tertarik dengan project ini, banyak manfaat yang dapat diambil, menambah pengetahuan, dan karena di upload di youtobe juga mungkin akan bermanfaat juga bagi orang lain.

d)   Banyak hal yang dipelajari ketika mengerjakan project ini, yang pertama saya mempelajari bagaimana cara membacakan buku cerita yang baik dan benar kepada anak, kedua mempelajari sedikit tentang cara mengedit video, dan terakhir belajar sabar ketika take video lalu ada suara-suara disekitar yang menganggu dan harus take ulang.

2.      Project 2

·         Produk : https://youtu.be/piiHZ7nEdBE

 

a)    Tugas yang kedua yaitu unboxing website games. Project ini saya kerjakan kelompok bersama dengan Sabilla Hanifa Yusrina tentang games the perfect ten problem. Dimana didalam games ini mengajarkan bahasa, matematika, dan pemecahan masalah pada anak dengan cara yang menyenangkan dan tidak membosankan.

b)   Alasan saya memilih project tentang pembuatan video unboxing website games ini karena masih banyak orangtua yang bingung untuk memilihkan games yang bermanfaat untuk anaknya. Selain itu, memberikan pengetahuan bahwa tidak selamanya bermain games ini memberikan dampak yang buruk untuk anak.

c)    Duka dari proses pembuatan project ini, pertama kami susah mendapatkan waktu yang cocok untuk pembuatan project ini karena saya dan sabila memiliki aktivitas yang berbeda, kedua project ini menjadi pertama kalinya saya membuat konten video untuk youtoobe sehingga masih minimnya pengetahuan akan teknologi pembuatan video dan belum paham tentang tata cara mengupload video project ini. Sehingga pada saat itu kami sedikit kesusahan karena laptop yang eror dan jaringan yang kurang bagus untuk menguplod video ini diyoutobe. Tetapi, yang saya suka dari pembuatan project ini memberikan pembelajaran bagaimana kerjasama yang baik dalam sebuah kelompok dan memberikan pengetahuan kepada saya bahwa banyak sekali games untuk anak usia dini yang sangat bermanfaat untuk pembelajaran.

d)   Pertama yang saya pelajari dari pembuatan project ini tentunya saya menjadi lebih mengetahui website games mana saja yang cocok untuk anak usia dini sebagai bahan pembelajaran. Kedua, saya lebih paham tentang cara membuat video dengan aplikasi-aplikasi pendukungnya. Ketiga, belajar tentang kerjasama yang baik dalam kelompok, dan keempat saya menjadi paham caranya mengupload video di yooutobe.

3.      Kesan saya selama mengikuti mata kuliah ini dimasa pandemi sedikit sedih karena tidak bisa bertatap muka langsung sehingga terkadang ada materi yang kurang saya mengerti, lalu terkadang jaringan dirumah saya jelek sehingga sulit mengakses website tetapi alhamdulillah ibu selalu memberi waktu yang cukup dalam setiap tugas-tugas yang diberikan sehingga menjadi lebih mudah. Terimakasih ibu, banyak hal yang saya dapatkan dari mata kuliah ini sehingga sangat bermanfaat dalam masa pandemi seperti ini yang mengaharuskan semua menggunakan teknologi. Terimakasih ibu semoga kita dapat bertemu kembali dimata kuliah selanjutnya dengan keadaan yang lebih baik.

4.      Hal yang masih ingin saya pelajari pada mata kuliah ini yaitu tentang augmented reality bu. Karena saya sangat suka dan tertarik dengan materi ini. Terutama mempelajari bagaimana caranya agar augmented reality ini digunakan dalam pembelajaran di PAUD.

2 comments:

  1. Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi: 80
    2. Interaktivitas : 80
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD: 90


    Unboxing Website
    1. Kejelasan deskripsi website 70
    2. Kejelasan Demonstrasi website 70
    3. Kejelasan analisis relevansi website 80

    ReplyDelete