Friday, June 12, 2020

Refleksi (Maya)

Nama : Maya Wardani Putri
NIM    : 1702371
Kelas  : 6A PGPAUD 

I. Project 1 : Unboxing video 
   a. Deskripsi : project ini merupakan project yang dilakukan secara berkelompok. saya bersama rekan saya Sarah Laila terbentuk menjadi satu  tim dalam pembuatan unboxing video ini. isi dalam video tersebut yaitu kita harus menjelaskan mengenai satu game yang cocok untuk anak usia dini. pada saat itu kami memilih unboxing game mega yang dapat melatih pemecahan masalah dan konsep matematis pada anak usia dini. unboxing video tersebut di upload ke youtube pada chanel youtube sarah. 
  b. Alasan : karena project ini merupakan project kelompok sehingga project ini lebih mudah dikerjakannya serta projet ini merupakan pengalaman pertama bagi saya untuk membuat konten yang bermanfaat yang dapat saya bagikan kepada semua orang khususnya kepada para orang tua millennial. 
  c. suka duka : dalam pembuatan  video ini kendala yang kami hadapi sangatlah banyak terkhusus bagi kami karena pada dasarnya kami berdua tidak terlalu pandai dalam mengedit video sehingga kami perlu banyak bertanya pada teman--teman yang lain serta pada saat take video kami sangat sulit untuk mengatur cahaya sehingga kami perlu mengulang beberapa kali take video hingga hasil yang menurut kami layak. selain itu ada pengalaman suka nya dalam pembuatan project ini kami berdua khususnya menjadi tertarik untuk membuat video selanjutnya dengan lebih baik lagi.
  d. hal apa yang dipelajari : banyak yang saya pelajari dari proses pembuatan project ini yang diantarnya saya mengetahui beberapa aplikasi untuk edit video yang sebelumnya saya tidak tahu, saya belajar mengedit video karena ini adalah pengaalaman pertama saya terlibat langsung dalam proses meng edit video,serta belajar dan mengetahui berbagai game yang cocok untuk anak usia dini .

II. Project 2: membuat video read aloud
    a. project ini merupakan project ke tiga dalam matakuliah pembelajaran komputer untuk anak usia dini yang dijadikan sebagai tugas akhir semester. project ini merupakan project yang dilakukan secara individu. Dalam video kali ini saya ditugaskan untuk membacakan cerita anak. Cerita yang saya bacakan berjudul "semut dan Nabi Sulaiman".  
   b. Menurut saya project ini unik,dapat  mengembangkan kemampuan saya dalam bercerita dan mengedit video secara sekaligus.
   c. Dalam pembuatan project ini terdapat beberapa kendala yang saya alami diantaranya : sulit menentukan waktu untuk take video karena sering kali bising,proses editing yang lumayan panjang yang dilakukan di handphone,serta proses upload yuotube yang lama. Adapun suka dalam pengerjaan project ini diberi waktu yang lumayan panjang sehingga saya bisa lebih fokus dalam pengerjaanya tidak terburu-buru.
   d. Banyak hal yang saya pelajari dalam proses pembuatan project ini yang diantaranya membiasakan untuk mengedit video, memahami kembali mengenai cara mendongeng ,serta melatih kepercayaan diri. 

III. Kesan mengikuti perkuliahan matakuliah pembelajaran komputer untuk anak usia dini terutama di masa pandemi ini sangat asik pembelajaran dan tugas yang diberikannya,santai tetapi serius, penjelasan yang disampaikan oleh Miss Finita sangat jelas dan mudah dipahami,sering kali memberikan contoh-contohnya secara langsung. 

IV. Dalam matakuliah ini saya ingin mempelajari bagaimana cara membuat video animasi yang bisa ddijadikan media pembelajaran untuk anak usia dini.
   

1 comment:

  1. Unboxing Website
    1. Kejelasan deskripsi website 80
    2. Kejelasan Demonstrasi website 80
    3. Kejelasan analisis relevansi website 80

    Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi 80
    2. Interaktivitas 70
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD 80

    ReplyDelete