Friday, June 12, 2020

Refleksi Tamara Amani Hafshah

Nama Lengkap : Tamara Amani Hafshah
NIM             : 1701202
Kelas    : 6B PGPAUD


Project 1 Unboxing Video

Project unboxing video ini saya sebagai mahasiswa ditugaskan untuk menganalisis suatu link permainan edukatif yang sangat mengedukasi dan bermanfaat bagi anak usia dini dimana kita memasukki abad ke-21 dan pada abad ini kita perlu mengetahui dan dapat memanfaatkan teknologi dengan baik dan benar sesuai dengan usia dan kebutuhan kita.
Saya memilih project ini yaitu dengan adanya unboxing video ini kita sebagai mahasiswa ingin mengenalkan dan memberikan suatu informasi bagi masyarakat terutama yang memiliki anak usia dini agar dapat mencoba permainan edukatif yang bagus bagi perkembangan anak karena pada masa sekarang banyak sekali anak usia dini yang menggunakan gadget dan permainan tetapi mereka bermain permainan yang tidak sesuai usianya. Dengan adanya video ini kita mengharapkan kepada masyarakat dapat lebih mengetahui dan dapat memanfaatkan teknologi yang ada pada saat ini dengan baik dan sesuai dengan usianya, karena banyak sekali sekarang orang tua hanya memberikan gadget tanpa memberitahu rules dan permainan apa yang sebaiknya diberikan kepada anak usia dini yang bukan hanya membuat anak merasa senang namun juga dapat memberikan feedback yang berguna pada anak secara tidak langsung. Selain itu saya memilih project ini kita bukan hanya memberikan informasi saja tapi saya belajar untuk memberikan informasi tetapi juga ingin memberikan konten youtube yang edukatif bagi orang tua dan anak-anak.
Dalam pembuatan project ini banyak sekali cerita dibalik proses pembuatannya yaitu mulai dari saya memilih partner project yang dapat bekerja sebagai team, selain itu saya selama proses pembuatan saya sebelumnya harus dapat memilah dan menganalisis link mana dan permainan mana yang sesuai dan dapat bermanfaat bagi anak usia dini. Setelah kita memilih link dan permainnanya kita menyusun skrip atau hal-hal apa saja yang akan kita sampaikan saya juga mendapat revisi bahwa skrip yang saya dan teman saya buat terlalu kepanjangan karena kita akan menjelaskannya dalam bentuk ppt da video. Dan senang dan dukanya dalam proses pembuatan project ini yaitu senangnya saya bisa mengetahui dan dapat menggunakan suatu aplikasi yaitu screen o matic dimana itu pengalaman pertama dan saya kudet sekali karena baru mencoba pertama kalinya. Dan ada kejadian yang bisa dibilang lucu dan dukanya sih tapi lebih tepatnya kejadian yang kurang baik dimana kita sempat tidak dapat melakukan take video karena laptop sempat error tapi saya dan teman team saya mencoba untuk melakukan take lagi dan akhirnya bisa. Banyak sekali cerita dalam pembuatan project ini mulai dari sedih, kesal karena laptop, lucu dan bahagianya.
Hal yang dapat saya ambil dari setiap proses pembuatan project ini saya belajar untuk dapat bbersikap sabar, tidak  mudah menyerah, dapat bekerjasama sebagai team, menambah pengetahuan dalam pemanfaatan teknologi yang sebenarnya banyak sekali tapi terkadang kita hanya memanfaatkan teknologi hanya sebagai alat untuk media sosial saja ternyata setelah saya melakukan project ini saya jadi lebih megetahui ada aplikasi aplikasi yang dapat membantu kita dalam tugas dan cocok sekali pada pandemi ini karena banyak sekali mata kuliah yang menugasakan kita membuat video ppresentasi dengan mencantumkan ppt nya dalam satu video.

Project 2 Read Loud

Project read loud ini suatu project dimana kita membuat video eduaktif untuk anak usia dini dengan cara bercerita yang sesuai dengan usia anak usia dini dan dapat bermanfaat dan memiliki pesan moral yang dapat anak peroleh dari project mmebuat read loud ini.
Saya memilih project ini karena selama proses pembuatan project ini banyak hal yang dapat kita peroleh dan project ini memberikan pengalaman bagi saya. Selain itu juga dalam project ini saya merasa banyak sekali informasi dan pengetahuan yang berguna bagi anak usia dini. Yaitu dalam cerita yang saya bacakan banyak sekali pesan moral bagi anak yang dapat disampaika dengan cara yang menyenangkan bagi anak yaitu dengan cara bercerita. Selain itu juga dengan adanya video ini anak yang sedang dirumah aja menjadi ada referensi tontonan yang cocok dan sesuai dengan usianya bukan hanya berupa cerita saja tetapi juga dengan adanya video ini banyak sekali pesan moral yang anak dapatkan.
Dalam pembuatan project ini banyak sekali cerita suka, duka, lucu tapi lebih banyak cerita bahagianya karena selama proses pembuatan ini banyak sekali kejadian dan proses yang sangat berharga. Mulai dari saya mencari buku cerita yang sesuai dengan anak usia dini da memiliki pesan moral yang baik bagi anak usia dini. Ketika proses pembuatan project ini banyak sekali kejadian lucu yaitu karena ibu saya ngewarung jadi ketika mau take pada pagi hari atau siang saya tidak bisa karena ketika saya sedang take akan selalu ada suara orang yang sedang beli sehingga mau tidak mau saya take tengah malam hehe tapi pengelaman ini sangat berari dan berharga bagi saya. Selian itu juga ketika saya ingin take ternyata handphone saya tidak cukup memori dan tiba-tiba reboot dan saya serta kaka saya harus menunggu agar hp saya bisa digunakan kembali. Dan yang paling bahagia yaitu selama proses pembuatan project ini saya merasa bahwa hal yang saya alami terasa menyenangkan karena setiap kejadian yang saya alami saya merasa itu merupakan hal yang lucu bukan hal sedih bahkan duka.
Hal yang dapat saya pelajari yaitu kita harus sabar kita harus melihat sebuah kejadian dengan hal yang positif dan menyenangkan karena disetiap kejadian banyak pengalaman yang dapat kita ambil.

Kesan selama mengikuti mata kuliah ini
Selama mengikuti mata kuliah banyak sekali pengalaman dan informasi mengenai teknologi yang dapat kita gunakan yang awalnya saya kudet dan hanya tau media sosial setelah mengikuti mata kuliah ini saya menjadi lebih tau megenai beberapa aplikasi yang dapat kita manfaatkan dalam melakukan tugas dan pembelajaran menyenangkan bagi anak. Selain itu menurut saya mata kuliah ini setiap pertemuannya menyennangkan, bahkan sebelum adanya pandemi di mata kuliah ini kita sudah melakukan kuliah daring melalui web yang lucu, menyenagkan dan baru bagi saya sehinga ketika diadakan kuliah daring dari semua mata kuliah yang lainnya jadi merasa menyenangkan karena terbiasa melalui mata kuliah ini meskipun mata kuliah inilah yang paling menyenangkan.

Hal yang masih ingin dipelajari dari mata kuliah ini:
Yang masih ingin dipelajari yaitu masih ingin belajar dan mendapatkan beberapa informasi yang dapat bermanfaat bagi kita calon guru bahkan untuk saya secara pribadi selain itu bukan hanya informasi berupa materi tetapi aplikasi-apliaksi apa saja yang dapat membantu kita sebagai calon guru agar pembelajaran anak menjadi menyenangkan.

1 comment:

  1. Unboxing Website
    1. Kejelasan deskripsi website 80
    2. Kejelasan Demonstrasi website 90
    3. Kejelasan analisis relevansi website 80
    Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi 90
    2. Interaktivitas 90
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD 100

    ReplyDelete