Friday, June 12, 2020

Refleksi Erni Sugiarti

Nama lengkap : Erni Sugiarti

NIM : 1702681

Kelas : 6A PGPAUD

Mata kuliah Pembelajaran Komputer untuk AUD ini merupakah salah satu mata kuliah yang menurut saya sangat menyenangkan dan tentunya tidak membuat tertekan, padahal tugas yang diberikan memerlukan waktu yang tidak sedikit. Namun dengan adanya mata kuliah ini, banyak bahkan sangaaaat banyak sekali ilmu yang saya dapatkan apa lagi untuk menjadi seorang guru. Salah satu manfaatnya yaitu saya bisa lebih memanfaatkan teknologi komputer untuk membuat media pembelajaran sendiri dan bisa lebih mengembangkan pembelajaran-pembelajaran di PAUD dengan media yang akan saya buat sendiri.

Dari 3 tugas mata kuliah ini sebenarnya sangat mengesankan untuk saya, namun ada 2 tugas yang akan saya refleksi, yaitu :

1.       Media Visual (Cita-citaku)

Media visual ini bertemakan profesi dengan sub tema macam-macam profesi. Media visual ini dibuat oleh tangan awamku sendiri Miss :D jujur, sebenarnya saya adalah anak yang malas bahkan tidak tertarik untuk membuat atau berkreativitas dengan cara mengedit foto ataupun video. Namun dengan adanya tugas ini saya melawan semua rasa insecure of my self dan berubah menjadi secure :D ini karya pertama saya miss dan saya bertekad untuk bisa membuat media visual lainnya untuk di Sekolah yang tentunya hasil karya saya sendiri :D

alasan saya membuat media visual ini untuk menambah pengetahuan anak mengenai profesi yang ada disekitarnya dan menghargai setiap profesi yang ada di sekitar anak.

Dalam melakukan sesuatu hal yang baru pasti akan ada suka duka yang dirasakan :D begitupun dengan saya dalam mengerjakan tugas ini :D  kesan dari pembuatan tugas ini yaitu

-          Dalam mengerjakan tugas ini saya merasa semangat untuk bisa membuat poster atau media visual yang lainnya yang tentunya dengan tema dan sub tema yang berbeda dan saya berencana ingin menghias kelas dengan media visual yang saya buat sendiri :D

-          Saya mencoba beberapa aplikasi untuk membuat media visual ini, dengan demikian saya mengenal beberapa aplikasi yaitu Canva, pictart, photoshop dan lain sebagainya walaupun belum menguasai dengan handal.

-          Karena adanya covid 19 ini yang mengharuskan untuk melakukan perkuliahan dirumah mungkin menjadi salah satu hal yang disayangkan. Karena kita tidak bisa bertemu langsung untuk mempraktikan pembuatan media visual.

Hal yang ingin dipelajari dari pembuatan media ini, saya ingin terus mencoba mempraktikan pembuatan media untuk pembelajaran di Sekolah dengan tema dan sub tema yang berbeda. Sebenarnya media visual ini juga dapat digunakan untuk pembelajaran online dengan anak usia dini, kita bisa membagikan media visual ini di grup whatsapp dan bekerja sama dengan orang tua untuk melakukan pengenalan dengan foto yang dibagikan.

2.     Read Aloud || Cerita Anak Usia Dini "Melawan Kesombongan Kiki"

Cerita ini saya buat dari buku cerita yang saya pinjam di Sekolah :D buku cerita ini berjudul "Melawan Kesombongan Kiki". Cerita ini cocok untuk diberikan kepada anak usia dini yang tentunya memberikan pembelajaran lewat cerita yang disampaikan. Pembelajaran itu sendiri adalah salah satunya kita tidak boleh merasa sombong karena semua orang yang ada di dunia ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Alasan saya memilih buku cerita ini dan menyampaikannya yaitu untuk memberikan pelajaran kepada anak lewat mendongeng.

Terdapat beberapa hambatan dalam membuat tugas read aloud ini, yaitu :

1.       Dalam upload video ke youtube, memerlukan waktu 2 hari miss L karena saya tinggal di pedalaman dan sinyalnya sangat tidak mendukung L

2.       Kurangnya pemahaman saya terhadap pembuatan animasi, jadi saya tidak menggunakan animasi dalam video tersebut

Disamping itu, terdapat juga manfaat atau feedback untuk diri saya sendiri, yaitu diantaranya :

1.       Saya bisa menggunakan dan mencoba aplikasi untuk mengedit video dan saya merasa puas terhadap pekerjaan tugas ini.

2.       Keponakan, adik, anak teman dan murid-murid saya menonton video saya, dan alhamdulillah memberikan komentar yang baik.

3.       Saya bisa menggunakan video ini untuk melakukan proses pembelajaran disekolah

Hal yang ingin saya pelajari dalam pembuatan tugas ini yaitu mengedit video dengan lebih rapi lagi dan membuat animasi yang lebih menarik untuk pembuatan video. Saya berencana ingin membuat video yang lainnya untuk pembelajaran di sekolah nanti.

1 comment:


  1. Infographic
    1. Kejelasan pesan yang disampaikan 80
    2. Relevansi media visual (Gambar/Warna/Tulisan) dengan karakteristik AUD 80
    3. Kreativitas/orisinalitas pembuatan media visual 80


    Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi 90
    2. Interaktivitas 70
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD 90

    ReplyDelete