Sunday, June 14, 2020

Reflesi Cucu Suryani

Nama : Cucu Suryani
NIM    : 1702456
Kelas  : 6A PGPAUD

1. PROJECT 1
A. Deskripsi singkat project unboxing video permainan, project ini merupakan project pertama kami pada Pembelajaran Komputer AUD, ia saya dengan teman saya Rizky Alfarizi. jJudul video permainan yang kami unboxing berjudul "The Big Dog Problem". Pada permainan ini menceritakan kisah Peg, Cat (kucing Peg) serta anjing besar. Suatu hari Peg diamanahi oleh ibunya untuk menyimpan 5 buah surat ke kotak surat yang ada di depan rumah. Namun, tugas yang diamanahi oleh ibunya tersebut tidak bejalan dengan mudah, saat Peg keluar dari rumahnya, Peg melihat anjing besar di depan kotak surat.(permasalahan pertama pada permainan ini) sehingga  Peg berinisiatif untuk berpura-pura menjadi orag dewasa agar anjing besar tersebut takut. Namun yang terjadi adalah kebalikannya, Peg yang merasa takut dan akhirnya berlari. Setelah disadari ternyata salah satu surat penting ibunya tertinggal di atas kepala anjing besar tersebut. Namun siapa sangka, ternyata anjing besar tesebut menyukai kucingnya Peg, dan dugaan mereka terhadap anjing besar tersebut salah karena anjing besar tersebut baik. Berikutnya timbulah permasalahan baru (permasalahan kedua), Peg tidak bisa menjangkau kotak surat karena terlalu tinggi,  dan ternyata anjing besar tersebut membantu Peg untuk meraih kotak surat tersebut. Akhirnya Peg dan anjing besar tersebut berteman. 

B. Karena di dalam permainan The Big Dog Problem ini memberikan pesan/pembelajaran yang sangat dibutukan dimasa yang akan datang untuk anak usia dini, yaitu dikenalkan dengan masalah serta dikenalkan pula cara menyelesaikan permasalahan. hal tersebut dapat menjadi modal baik untuk menjadi bekal anak pada masa yang akan datang. 

C.  Suka duka saat saat pembuatan video, karena saat pengerjaan tugas ini sangat terbatas waktunya, karena keadaan kelompok saya yang kurang memadai (pada saat itu saya dan Rizky tidak bisa menggunakan screen o'ometic ) sehingga pada waktu itu kami meminjam laptop teman (dan ditungguin pula huhu). Hal berikutnya yaitu saat pengerjaannya saya membawa bayi saya ke kampus, sehingga terjadilah keseruan lainnya, seperti anak saya nangis tidak mau digendong oleh orang lain, nangis saat lapar dan saya di dalam ruangan saat merekam dan lain sebagainya. 

D. Hal yang dipelajari saat pembuatan video : a. kesabaran b. ketelatenan, c.belajar mengedit di aplikasi filmora, d. belajar berbicara rapi (walaupun beberapa kali ngulang), e. komunikasi dengan baik dengan fatner. 

2. PROJECT 2 
A. Deskripsi singkat "Read Alound Ayam Jantan Yang Cerdik Dan Rubah Yang Licik". Dalam dongeng tersebut menceritakan satu keluarga ayam, yaitu ada ayam jantan sang ayah, induk ayam sang ibu, serta tiga anak ayam yang lucu. Kemalangan terjadi pada keluraga ayam, saat ketiga anak mereka di mangsa oleh seriga, hal tersebut membuat ayam jantan dan induk ayam bersedih. Karena kerakusannya, rubah mempunyai niat untuk memangsa ayam jantan dan induk ayam. Suatu hari rubah datang menemui ayam jantan dan berpura-oura meminta maaf,dan mengundangnya untuk bermakan malam bersama. Tetapi, ayam jantan menolak, meskipun ditolak oleh ayam jantan tetapi rubah berusaha meyakinkan ayam jantan dengan datang kembali di keesokan harinya. Rubah berusaha meyakinkan ayam jantan dengan berkata " bahwa semalam di rumahnya telah di sepakati bahwa semua hewan adalah saudara, jadi tidak ada yang boleh saling memangsa". Namun, ayam jantan tidak percaya begitu saja, dan berinisiatif untuk mengelabui rubah dengan berpura-pura bahwa dikejauhan terlihat seekor anjing yang akan mengunjungi ayam jantan. Saat ayam jantan berkata " Anjing saudaraku datang, mungkin dia akan berkunjung karena kita semua adalah saura". Spontan anjing tersebut pun berlari terbirit-birit karena ketakutan. Akhir cerita, ayam jantan dan induk ayam hidup bahagia selamanya.

B. Alasan memilih dongeng ini, karena ingin menyampaikan pesan bahwa menjadi manusia itu tidak boleh membongi/menipu orang lain. 

C. Suka duka saat menyelesaikan tugas ini yaitu septuar bayi saya huhuhu, karena usia nya 10 bulan dan sedang belajar berjalan dan memiliki rasa ingin tahu yang besar membuat bayi saya tidak bisa diam. Namun, dengan batuan adik saya akhirnya bisa terkendalikan. Begitupun saat melakukan perekaman, sedihnya handphoe saya tidka sedang baik baik saja, sehingga saya perlu meminjam handphone adik saya pula. Namun, meskipun begitu saya jadi mengetahui satu aplikasi mengenai cerita-cerita anak, bekal saya untuk mendongeng untuk anak saya.

D. Hal yang dipelajari saat membuat read aloud ini, saya bisa mengetahui aplikasi mendongeng yang bisa diamalkan untuk anak saya, dengan mengedit video ini juga saya lebih mengetahui editing, dan lainnya..

 3. Kesan pesan Pembelajaran di mata kuliah ini jujur saja ya Miss, saya sangat kagum dengan cara Miss mengajar, cara mengajar Miss sangat rapih dan disiplin ini membuat kesan yang luar biasa bagi saya. Pesannya, semoga keteladan Miss bisa menjadikan motivasi untuk mahasiwa-mahasiwa lainnya, termasuk saya :) .. Dan meskipun pembelajaran virtual menurut saya gaya mengajar Miss menjadi yang favorit karena selalu memberikan solusi-solusi yang dibutuhkan walaupun keterbatasan karena tidak bisa bertatap muka. 

4. Menurut saya dengan tuntutan jaman yang semakin maju dengan pesatnya, saya merasa sangat perlu memahami Pembelajaran Komputer untuk Aud lebih jauh, terlebih bagaimana pembelajaran komputer ini bisa dijamah oleh lembaga-lembaga yang memiliki keterbatasan baik dalam alat ataupun pendidik. Karena saya rasa perkembangan jaman tidak mengenal yang mampu atau tidak sehingga perkembangan jaman ini akan terus laju.  

1 comment:

  1. Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi 90
    2. Interaktivitas 80
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD 90

    Unboxing Website
    1. Kejelasan deskripsi website 80
    2. Kejelasan Demonstrasi website 80
    3. Kejelasan analisis relevansi website 80

    ReplyDelete