Friday, June 12, 2020

Refleksi (SRI AYU)

Nama      : SRI AYU

NIM         : 1703650

Kelas        : 6A PGPAUD

1.       Project 1

Project Read Aloud Video (https://www.youtube.com/watch?v=jARDfSoROoA&t=9s)


a)      Read Aloud video ini yaitu project yang diunggah diyoutobe menceritakan sebuah cerita anak usia dini yang diambil dari cerita riri interaktif berjudul "Monyet dan Kura-Kura" . saya mengambil cerita riri interaktif tersebut pada aplikasi google playstore, dimana banyak kumpulan-kumpulan cerita anak usia dini yang dikemas dengan berbagai animasi yang lucu dan menarik untuk anak, kemudian saya membacakan cerita tersebut dengan cara mendubbing.


b)      Saya memilih project Read Aloud Video yang berjudul "monyet dan kura-kura" karena saya suka dengan tampilan aplikasinya, cerita pada aplikasi tersebut tersedia animasi bergerak dan pilihan ketika membaca, bisa membaca secara otomatis dan juga kita bisa membaca sendiri tanpa ada suara dari aplikasi tersebut. Oleh karena itu, saya bisa mendapatkan keduanya, bisa merecord animasi bergerak dan saya bisa mendubbing dengan suara saya sendiri untuk membaca cerita dongeng riri tersebut. Dan cocok untuk Anak Usia Dini di masa Pandemi dalam proses pembelajaran virtual dengan metode cerita yang menarik dan unik.


c)       Suka dan duka membuat project video ini banyak sekali;

Proses Mendwonload Aplikasi:

-          Karena saya memilih cerita bukan dari buku cerita yaitu dari aplikasi otomatis saya harus mendwonload aplikasi tersebut dari hp, setelah berhasil saya harus mendwonlod satu aplikasi lagi yaitu recorder, aplikasi tersebut agar bisa merekam animasi bergerak dan tulisan cerita yang tanpa suara dari aplikasi cerita riri supaya saya bisa mendubbingnya dengan suara saya sendiri. Kendala disini adalah hp yang saya punya tidak memiliki ruang penyimpanan yang banyak, posisinya hp saya sudah penuh jika ingin mendwonload aplikasi yang baru saya harus menghapus beberapa data di hp saya.

Proses Take video:

-          Ketika sudah memiliki kedua aplikasi tersebut, saya take video agar saya bisa berinteraktif dalam cerita tersebut. Karena dalam video ini saya berencana alurnya yaitu membacakan cerita terlebih dahulu oleh dubbingan suara sendiri, kemudian lanjut oleh muka saya untuk mengulang kembali cerita dengan Bahasa anak dan berinteraktif pada kamera.  Kendala dari pembuatan take video ini kembali lagi pada hp saya karena saya tidak memiliki ruang yang tidak cukup bisa dibilang hp kentang saya sudah merepotkan saudara untuk take video memakai hpnya, karena saya tidak mau asal-asal membuat project ini saya akan melakukan berbagai cara agar terlaksana dengan baik.

Pengeditan Video:

-          Yang paling puncak dari duka ini adalah di pengeditan video, saya sudah memiliki recorder animasi bergerak tersebut dan belum ada dubbingan saya masih kosong suaranya, dan saya juga sudah melakukan take video sesuai rule cerita pada animasi, sangat disayangkan, kendala dari pengeditan video ini yaitu laptop saya  tiba-tiba eror tidak bisa digunakan, kemudian saya servis dan memerlukan waktu yang tidak sebentar, saya bingung harus mengedit video dimana , hp saya juga tidak bisa mengedit video karena penyimpanan sudah merah/penuh. Saya ketika itu bingung, akhirnya saya mendapatkan solusi dari saudara saya, saya dipinjamkan laptop untuk mengedit video, tetapi tidak cukup sehari karena  laptop tersebut dipakai secara bergantian oleh sodara saya untuk kuliah virtual juga, pengeditan ini memakan banyak waktu karena saya juga belum mendubbing suara saya pada aplikasi cerita, kemudian harus memotong-motong ceritanya agar disatukan dan nyambung dengan take video saya. Perjuangannya disini membuat saya tambah semangat untuk menyelesaikan pengeditan walaupun tanpa ada laptop sendiri dan hp juga tidak bisa digunakan.

Kemudian, suka dari pembuataan project video ini saya menjalaninya dengan tenang meskipun tanpa edit dengan laptop dan hp sendiri , saya bisa mengambil hikmah dari kejadian tersebut agar selalu semangat dan berusaha apapun yang terjadi.

 d) Hal yang dipelajari ketika mengerjakan pembuatan project ini banyak sekali, yaitu saya bisa belajar mengedit video dengan kreatif, kemudian saya bisa mendubbing suara saya sendiri pada aplikasi tersebut, saya bisa mengambil hikmah harus terus semangat dan berusaha apapun yang terjadi, dan sabar , semoga project ini bisa bermanfaat untuk anak-anak dengan ceritanya yang saya bacakan dengan suara saya. 

2.       Project 2

Unboxing video (https://www.youtube.com/watch?v=qqX5ic0J4Ig)

a)      Project ini adalah menganalisis sebuah website permainan anak , saya dan teman-teman memilih website yang berjudul "taman safari" . permainan taman safari ini berisi tentang mencari binatang dan tumbuhan di hutan bakau, disana ada beberapa level jika level sebelumnya sudah berhasil menemukan binantang atau tumbuhan sesuai target yang diinginkan pada website tersebut. Selain itu, permainan ini ada penjelasan mengenai nama tumbuan atau binatang yang ada di level tersebut.


b)      Alasan saya memilih project unboxing video ini karena membuatnya dengan penuh perjuangan dengan teman-teman saya, kemudian saya suka karena dapat memperkenalkan sebuah website yang tadinya saya tidak tahu, ternyata ada website yang unik dan menarik untuk permainan anak melalui media modern ini, website ini juga cocok untuk memperkenalkan pada anak selain kita bisa menjelaskan permainan apa saja yang ada didalamnya kita juga bisa menstimulus pertumbuhan dan perkembangan anak melalui isi dari permainan itu.


c)       Suka dan duka pada saat pengerjaan project ini banyak sekali saya dan teman-teman bertukar pikiran dengan ide kepala yang berbeda-beda, kemudian kami bisa mengambil keputusan pada akhirnya kami bisa menghasilkan video yang menurut saya menarik dari proses yang kita lalui bersama.

Pertama, ketika awal kita disuruh menganalisis website tersebut, disana kita mencoba satu persatu permainan yang ada di website, kami kemudian bertukar pikiran walaupun disana ada cekcok sedikit dan akhirnya kita bisa memilih permainan yang berjudul taman safari dengan berbagai pertimbangan dan diskusi.

Kedua, membuat ppt , disini kami juga bertukar pikiran, banyak merevisi ppt yang kami buat agar ppt tersebut menarik dan sederhana dalam kalimat, bisa dipahami oleh orang lain dan menuliskan bawa website cocok digunakan oleh anak usia dini.

Ketiga, merekam video, nah disini banyak sekali perjuangan saya dan teman teman saya karena disini menurut saya yang paling puncak, pada saat kami take video sebelum ada pandemi ini saya dan teman-teman masih berada dikampus tercinta, saya dan teman-teman melakukan take video dari siang sampai sore dan itu tidak cukup sehari karena ada banyak faktor didalamnya misalnya ada banyak orang dikelas, ribut dengan suara, dll akhirnya kami memilih untuk take video di hari libur atau weekend. Proses rekaman ini juga kami berlatih terlebih dahulu sebelum mempersentasikan agar hasilnya dapat dimengerti anak secara sederhana.

Keempat, editing, ketika editing kami bekerja sama dan bergantian untuk mengedit video tersebut. Kendala disini juga laptop temen saya begtu ngehang mungkin karena kebanyakan data akhirnya kami juga harus sabar dalam proses pengeditan ini.


d)      Nah, hal yang dipelajari dari project ini banyak sekali, kami bertukar pikiran dalam proses pembuatannya, harus sabar karena pengerjaan project ini tidak sendirian melainkan bersama teman kelompok harus menurukan ego masing-masing agar bisa menghasilkan project yang memuaskan bagi kami. Saya juga menjadi tahu bahwa website ini menarik dan unik untuk dikenalkan anak usia dini.

 

3.       Kesan selama mengikuti mata kuliah pembelajaran kompeter untuk AUD ini banyak sekali bagi saya, saya menjadi tahu tentang media sederhana untuk anak usia dini melalui kompeter dll.  ternyata Anak usia dini juga harus dikenalkan media modern ini sejak dini agar tidak berakibat kecanduan karena jika salah kaprah mengenalkannya itu bisa berakibat buruk untuk anak tidak mengenal waktu dll. Oleh sebab itu, dengan saya tau ilmunya dan bisa mengaplikasikan dengan baik maka saya bisa menstimulus anak usia dini pada pertumbuhan dan perkembangannya. senang juga karena mata kuliah ini santai tetapi banyak ilmu yang saya dapakan.

4.       Hal yang ingin dipelajari pada mata kuliah ini tentunya masih banyak lagi karena mencari ilmi tidak akan berhenti selama nafas kita belum berhenti, jadi saya ingin mempelajari media-media yang unik, saya ingin belajar membuat animation untuk anak usia dini agar saya bisa membuat sebuah cerita sendiri yg menarik dengan animasi tersebut. Dan masih banyak lagi yang harus dipelajari pada mata kuliah ini. 

1 comment:

  1. Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi 90
    2. Interaktivitas 100
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD 100

    Unboxing Website
    1. Kejelasan deskripsi website 90
    2. Kejelasan Demonstrasi website 90
    3. Kejelasan analisis relevansi website 90

    ReplyDelete