Friday, June 12, 2020

Refleksi Sabila Kurnia


Nama Lengkap            : Sabila Kurnia

NIM                            : 1700172

Kelas                           : 6A PGPAUD

 

I.                    Project 1

Produk: Unboxing Video

Link:  https://www.youtube.com/watch?v=PWJ5EGny-CI&t=6s

Cerita

a.       Deskripsi singkat project

Seperti namanya, pada project ini mahasiswa diminta untuk mengeksplor website yang dipilih dan membuatnya dalam bentuk video.

b.      Alasan memilih kedua project

Saya memilih project ini karena saya merasa ini adalah project yang paling maksimal hasil akhirnya.

c.       Suka duka dalam pembuatan project

Saat mengerjakan project ini… saya terbayang para content creator video youtube dan saya menahan diri untuk tidak berkata 'Hi Guys! Welcome back to my channel!' dan godaannya besar sekali—tapi pada akhirnya tidak saya lakukan.

Karena dalam pembuatan project ini saya memainkan gamenya, saya sempat lupa kalau ini adalah tugas dan ada batas waktu videonya, pada akhirnya saya merekam lebih dari jatah waktu yang diberikan ibu. Kemudian saya dan partner merasa tidak bisa memendekkan durasi videonya, dan memutuskan untuk membiarkan durasi videonya.

Dan ternyata diizinkan oleh ibu! \(^0^)/

Saya tidak begitu mengingat duka dalam pembuatan project ini karena saya menikmati prosesnya.

d.      Hal yang dipelajari ketika mengerjakan project

Saya belajar banyak tentang website yang bisa bermanfaat untuk anak.

 

II.                 Project 2

Produk: Read Aloud Video

Link: https://www.youtube.com/watch?v=CvbDbwAu8-E

Cerita

a.       Deskripsi singkat project

Pada project ini mahasiswa diminta untuk menganalisis read aloud video dan membuat read aloud video.

b.      Alasan memilih kedua project

Sama seperti project sebelumnya, karena saya merasa ini menempati posisi teratas dengan hasil akhir maksimal setelah Unboxing Video.

c.       Suka duka dalam pembuatan project

Saya harus merekam suara saat membaca ceritanya berulang-ulang, karena kurang terasa emosinya, pengucapannya tidak jelas, terlalu terburu-buru, salah pengucapan kata, dan sebagainya. Tapi saya senang karena pada video ini saya punya pilihan untuk tidak menunjukkan wajah dalam video.

d.      Hal yang dipelajari ketika mengerjakan project

Saya belajar bagaimana untuk menghidupkan cerita yang dibaca.

 

III.              Kesan selama mengikuti kuliah ini

Menyenangkan! Ibu adalah salah satu dosen yang membuat perkuliahan tidak membosankan. Dari tingkat satu sebenarnya saya sudah bertanya-tanya bagaimana rasanya kuliah dengan ibu, tapi karena saat itu belum berjodoh jadinya ibu dan kelas kami baru bertemu di semester ini. Kuliah face to face maupun online, keduanya tetap menyenangkan. Tentunya saya lebih suka kalau kuliah online seperti setengah dari semester ini tidak diulang lagi untuk kedepannya, tapi kalau ternyata harus kuliah online lagi… ya… mau bagaimana lagi…

 

IV.              Hal yang masih ingin dipelajari dari mata kuliah ini

Sebenarnya daripada mata kuliahnya saya lebih tertarik untuk kuliah lebih lama dengan ibu lagi—kata kata saya ini terdengar seperti penjilat ya—tapi kalau harus dijawab apa yang masih ingin dipelajari dari mata kuliah ini… hmm… pembelajaran komputer untuk anak lebih dalam tentunya.

1 comment:

  1. Unboxing Website
    1. Kejelasan deskripsi website 70
    2. Kejelasan Demonstrasi website 80
    3. Kejelasan analisis relevansi website 80

    Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi 90
    2. Interaktivitas 70
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD 90

    ReplyDelete