Sunday, June 14, 2020

Refleksi Nida Nur Fadillah

Nida Nur Fadillah
1706202
6B PGPAUD

I. Media Visual      

a. Saya membuat media visual yang diberi judul "Mengenal Huruf 'K' dari Gambar Hewan". Gambar hewan di media visual tersebut merupakan beberapa hewan yang namanya berawalan dari huruf 'K' sehingga anak dapat mengetahui nama hewan yang diawali oleh huruf 'K'. Dengan keterangan nama hewan di samping gambarnya akan membantu anak dalam mengingat simbol 'K' serta hewan apa yang berawalan dari huruf 'K' yang terdapat di media visual tersebut. Penggunaan warna yang cerah akan menambah ketertarikan anak untuk mengamatinya.
b. Tugas individu menjadikan diri lebih mudah untuk berekspresi melalui media visual ini. Adapun selain itu, menambah kemampuan dalam pereditan. Mendorong diri untuk mencari kegunaan dari menu-menu yang tersedia saat proses pembuatannya. Saya menggunakan aplikasi canva yang diakses melalui hp. Praktis dan cepat digunakan.
c. Memilih warna yang sesuai dengan anak-anak, terkadang hal itu berbanding terbalik dengan apa yang disukai pribadi, sehingga muncul tarik-ulur pendapat diri menyoal warna apa yang akan diterapkan.
d. Dengan tugas ini, saya mempelajari bahwa pembuatan media visual itu tidak sesulit yang dibayangkan. Jika kita sabar dan mau berusaha, pasti bisa. Dari tugas ini saya jadi lebih mampu memadukan warna, mengatur ukuran, dan yang terpenting dapat mempertimbangkan kebermanfaatannya untuk anak.

II. Read Aloud

https://youtu.be/qw9AR8AFKk0

a. Membaca nyaring untuk didengarkan oleh anak atau yang biasa disebut dengan mendongeng. Kegiatan ini harus memerhatikan intonasi, mimik muka, interaktif, media dan ilustrasi, kesesuaian cerita untuk anak serta pencahayaan video yang bagus. Saya mendongengkan sebuah cerita yang berjudul "Good Night Says The Moon" yang ditulis oleh Julie Tan dan Lee Lay.
b. Mengembangkan kemampuan. Menambah kepercayaan diri yang mana saya belum terlalu biasa menggunakan bahasa Inggris, dengan diperbolehkannya menggunakan bahasa Indonesia dan atau bahasa Inggris, menjadikan ini sebuah ajang untuk tampil dengan percaya diri. Meski bahasa Inggris saya mungkin tidak terlalu bagus, tetapi jika tidak diaplikasikan saya tidak akan pernah tahu di mana betulnya dan di mana salahnya. Dengan read aloud menggunakan bahasa Inggris, bisa menambah percaya diri dan melatih diri supaya dapat terbiasa.
c. Saya bisa dibilang orang yang banyak mengoleksi buku, tak terkecuali buku anak-anak, tetapi karena koleksi buku anak sudah diminta semua oleh saudara. Saya harus mencari lagi yang sesuai dengan anak usia dini. Kesukaan saya terhadap buku, jadi tidak cukup untuk membeli satu. Saya membeli beberapa, kurang lebih lima. Dari situ juga saya terpikirkan mengapa saya tidak membuat cerita anak sendiri? Alhamdulillah dengan berburu buku untuk tugas ini. Saya insyaallah akan menekuni cerita anak.
d. Bahwasanya ternyata mendongengkan cerita kepada anak-anak itu memiliki ketentuannya sendiri agar dapat diterima oleh anak-anak.

III. Di era covid-19 ini saya rasa tugas-tugas dari mata kuliah ini sangat dirasakan kebermanfaatannya, yang mana rata-rata mudah diakses oleh publik sehingga anak yang belajar dari rumah dapat mengisi harinya, contoh menonton atau mendengarkan tayangan read aloud oleh mahasiswa PGPAUD UPI PWK semester 6 ini. Adapun untuk mahasiswanya, yang dirasakan saya sendiri tidak memberatkan, mengingat jangka waktu pembuatan yang cukup untuk mengerjakan tugas-tugasnya. Serta kemudahan dalam mengakses materi perkuliahan.

IV. Saya ingin lebih memperdalam penggunaan screen o matic dan belajar membuat animasi bergerak.

1 comment:

  1. Infographic
    1. Kejelasan pesan yang disampaikan 80
    2. Relevansi media visual (Gambar/Warna/Tulisan) dengan karakteristik AUD 90
    3. Kreativitas/orisinalitas pembuatan media visual 90

    Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi 90
    2. Interaktivitas 90
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD 90

    ReplyDelete