Sunday, June 14, 2020

Refleksi Noviarta Briliany

Nama lengkap : Noviarta Briliany

NIM : 1703237

Kelas : 6B PGPAUD

I.                   Project 1

Produk :


a.       Deskripsi : Media visual

b.      Alasan memilih karena melalui media visual ini dapat memberikan penjelasan kepada anak usia dini mengenai manfaat air untuk kebutuhan manusia.

c.       Suka dan duka dalam pembuatan project ini yaitu proses dalam membuat project ini adalah dapat mendesain media visual sesuai dengan imajinasi yang dibayangkan.  Namun sedikit kebingungan ketika pemilihan kata-katanya dikarenakan khawatir terlalu panjang.

d.      Hal yang dipelajari ketika mengerjakan project ini yaitu membuat media visual sesuai dengan usia anak, termasuk dalam pemilihan gambar, warna, dan kata-kata. Itu semua harus disusun sesuai dengan konteks anak-anak agar media visualnya dapat dipahami oleh anak.


II.                Project 2

Produk : Video read aloud https://youtu.be/xaz1WXrciVI

a.       Deskripsi : Membuat video read aloud "Little Red Riding Hood"

b.      Alasan memilih video read aloud ini menggunakan bahasa inggris dan dilengkapi dengan video animasi untuk anak-anak. Video ini juga di upload di you tube yang dapat memberikan manfaat kepada orang lain.

c.       Suka dan duka dalam pembuatan project ini yaitu saya senang karena dapat mempelajari hal baru terutama read aloud menggunakan bahasa inggris karena dapat melatih skill saya untuk berani berbicara bahasa inggris di depan umum meskipun via digital.  Namun ada sedikit kesulitan, ketika saya mendubbing animasi di tokoh cerita tersebut yaitu percakapan antara Wolf dengan Little Red Riding Hood. Dikarenakan cuplikan animasi tersebut sangat cepat, namun percakapannya cukup panjang. Akhirnya saya mengeditnya dengan cara mengurangi kecepatan cuplikan video tersebut.

d.      Hal yang dipelajari ketika mengerjakan project ini yaitu saya bercerita menggunakan bahasa inggris, jadi saya belajar dalam pengucapannya. Saya juga dapat mempelajari bercerita dengan intonasi walaupun menggunakan bahasa inggris. Saya juga belajar mengedit macam-macam video mulai dari video saya sendiri, video buku, video animasi augmented reality, dan mendubbingnya.

 

III.             Kesan selama mengikuti mata kuliah ini terutama dalam kondisi pandemic Covid-19 ini banyak hal yang dipelajari meskipun sebagian besar kuliah dirumah namun tetap efektif, terutama dalam pembuatan project karena dapat mempelajarinya secara langsung.  Terimakasih banyak bunda selama 1 semester ini sangat berkesan.

 

IV.             Hal yang masih ingin dipelajari dari mata kuliah ini yaitu mempelajari bagaimana membuat buku augmented reality seperti buku yang saya gunakan dalam pembuatan video read aloud.




 

1 comment:

  1. Infographic
    1. Kejelasan pesan yang disampaikan 80
    2. Relevansi media visual (Gambar/Warna/Tulisan) dengan karakteristik AUD 80
    3. Kreativitas/orisinalitas pembuatan media visual 80

    Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi 80
    2. Interaktivitas 90
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD 100

    ReplyDelete