Saturday, June 13, 2020

Refleksi Firdanita Pristiana

Nama Lengkap : Firdanita Pristiana
NIM : 1703645
Kelas : 6A PGPAUD

Assalamualaikum, Selamat pagi Ibu Finita.
Berikut refleksi dari saya untuk mata kuliah Pembelajaran Komputer untuk Anak Usia Dini beserta link dan gambar project yang saya pilih untuk penilaian akhir dari mata kuliah ini.

I. Project 1 : Media Visual untuk Anak Usia Dini
Produk : "I want to be.." (gambar telah dilampirkan)


Ini adalah project membuat media visual untuk anak usia dini. seperti yang kita ketahui bersama, anak usia dini belum memiliki kemampuan membaca, sehingga mereka masih berada pada tahap simbolik, dengan adanya media visual untuk anak usia dini, akan sangat membantu anak untuk memperoleh pengetahuan baru. Pada project membuat media visual ini, saya membuat media visual berupa memberikan edukasi untuk anak terkait cita-cita mereka untuk profesi, yang saya buat ke dalam bahasa inggris. hal ini bertujuan agar anak mengetahui berbagai macam profesi, dan bagi anak yang sudah mampu membaca, itu akan menambah kosakata baru. sengaja saya cantumkan beberapa profesi yang jarang untuk anak temui, agar anak dapat mengetahui ternyata profesi tidak hanya satu atau dua saja.
alasan saya untuk memilih project ini adalah, project ini yang unik dan hal baru bagi saya. sebab, sebelumnya tidak saya fikirkan bahwa membuat media visual untuk anak usia dini sangatlah perlu, pun dalam proses membuatnya sangat menyenangkan. jujur saja, untuk project ini, saya lebih banyak menghabiskan waktu untuk memikirkan dan mencari ide "konten apa yang jarang ditemui anak namun ternyata sangat lekat bagi anak". untuk project ini juga saya harus menimbang seperti apa tampilan yang "segar" ketika anak melihat ini, namun gambar yang tetap sederhana dan mudah terbaca untuk anak. meski sebenarnya saya kurang puas untuk tampilannya (karena saya lebih menyukai gambar yang ramai dan colourfull xixixixi), tetapi karena saya lebih mengutamakan kenyamanan dan kemudahan anak usia dini ketika melihat gambar tersebut, akhirnya saya cukup sudahi untuk mengedit dan dengan hasil akhir tampilan tersebut hehe. pada project ini, saya belajar bahwa barangkali, kelak jika menjadi orangtua, saya ingin saya dapat memanfaatkan tembok di rumah untuk menghiasnya dengan media visual yang saya buat hihi. terimakasih ibuuu.

II. Project 2 : Read Aloud Video
Produk : "Anak itik yang hilang"
link video (sudah terupload di youtobe) : https://www.youtube.com/watch?v=37uLIGmvXag&feature=youtu.be
Project ini adalah membuat video, yakni story online untuk anak usia dini. menurut saya, project ini sangat unik, bagi orangtua yang barangkali akan lebih "boros" untuk membeli buku guna membacakan cerita sebelum tidur pada anak, ada pilihan lain, yakni membacakan story book online untuk anak. selain itu, yang saya sukai dari project ini adalah, kami calon pendidik paud dilatih dan diajak untuk membuat video dengan konten edukasi untuk anak usia dini, seperti yang kita ketahui bersama, fenomena youtobe saat ini sangat hits, namun sayangnya menurut saya masih minim video ynag mengedukasi anak. sedangkan, banyak ditemui anak-anak usia dini lebih asyik ketika menonton video di youtobe, danhal yang paling berbahaya jika anak menonton video yang kurang mengedukasi. jika saja banyak orang yang tergerak untuk membuat video yang mengedukasi untuk anak, akan sangat baik, karena banyak ditemukan video ynag kurang mengedukasi lalu lalang dengan bebas di beranda youtobe. untuk project ini, saya menghabiskan waktu selama 3 hari 2 malam hehe, proses membuat gambar, take video yang selalu gagal karena ada suara ayam depan rumah, ataupun suara yang mengganggu lainnya yang sangat terdengar di video hihihi. hal ini yang membuat saya harus mendubbing video, pun disamping itu, tidak terhitung kegagalan saya ketika sudah mengedit dan tidak dapat tereksport :') saya harus mengedit dari ulang hingga berkali-kali, menyisipkan teks, emoticon atau frame pada video agar tampilan lebih segar untuk dilihat anak, pun.. saya diberi ujian laptop saya harus rusak karena LCD laptop tiba-tiba blank putih, hingga akhirnya saya harus mencari-cari laptop yang bisa saya pinjam untuk menyelesaikan tugas ini.pun, ada juga kegalauan saya saat harus memilih backsound yang cocok untuk saya selipkan :) luar biasaaaa... ini adalah project video yang amat membuat saya harus bersabar ketika ditempa berali-kali, namun alhamdulillah, saya cukup puas untuk hasil akhirnya. pada project ini, saya belajar banyak hal, proses editing, take, upload, dsb. hingga akhirnya saya menjadi sangat menghargai film, bagaimana orang-orang ynag bisa menghasilkan karya luar biasa tersebut hihihi. disamping itu, saya menyadari bahwa mencari ilmu tidaklah mudah, butuh proses panjang ynag harus dilalui. sebab, tujuan utama ilmu adalah prosesnya, bukan hanya hasilnya.

kesan saya selama mengikuti perkuliahan daring saat masa pandemik seperti ini, khususnya untuk mata kuliah ini, ternyata kemajuan teknologi saat ini benar-benar mampu memudahkan setiap gerak gerik manusia, meski kita semua terbatas ruang dan waktu, namun proses pembelajaran masih dapat dilaksanakan dengan baik. disamping itupula, ternyata secara tidak langsung pada mata kuliah ini, kita dituntut dan diajarkan untuk bisa mengimplementasikan materi secara langsung, yakni e-learning. sesuai dengan mata kuliah ini hehe. dan ini merupakan salah satu mata kuliah yang menjadi favorit saya, sebab saya termasuk orang yang kurang up-to-date dalam menggunakan teknologi hehe, dan awalnya saya merasa khawatir saya tidak mampu mengikuti dan mengimplementasikannya dengan baik, namun pada mata kuliah ini membuat saya berfikir bahwa "ooooh, ternyata itu mudah". penjelasan ibu finita yang disampaikan dengan bahasa sederhana dan detail yang membuat saya mudah memahami materi perkuliahan, terimakasih ibu. pun, project-project yang menyenangkan, yang selalu memiliki kesan tersendiri ketika saya menuntaskannya, saya lebih menikmati prosesnya ketimbang hasil akhirnya. terimakasih banyak ibu, semoga ilmu yang tersampaikan akan senantiasa bermanfaat dan terus mengalir kebaikannya.

jujur saja, masih banyak yang ingin saya pelajari dari matakuliah ini, sebab saya merasa waktu sangat cepat berlalu. yang masih saya ingin pelajari adalah augmented reality for kids. pembelajaran ini yang sangat ingin kelak saya terapkan untuk anak didik saya. semoga saya masih berkesempatan untuk mempelajari dan mengimplementasikannya.

akhir kata, saya ucapkan banyak terimakasih kepada ibu finita dewi yang telah membimbing kami semua, terimakasih banyak ibu. we love you. selalu sehat dan panjang umur ya ibu.. saya meminta maaf apabila selama perkuliahan berlangsung, terdapat kekeliruan, mohon bimbingannya ibu.

wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh😄


1 comment:

  1. Infographic
    1. Kejelasan pesan yang disampaikan 80
    2. Relevansi media visual (Gambar/Warna/Tulisan) dengan karakteristik AUD 80
    3. Kreativitas/orisinalitas pembuatan media visual 80

    Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi 90
    2. Interaktivitas 90
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD 100

    ReplyDelete