Saturday, June 13, 2020

Refleksi_Dhea Andini F

Nama : Dhea Andini Fajriani

Kelas : 6B PGPAUD

NIM : 1703386

I. Project 1 : Unboxing Game
Produk : https://youtu.be/o1davynUmxM
Cerita
A. Deskripsi Singkat Project
Project ini adalah project pertama yang dikerjakan secara berkelompok. Kita ditugaskan untuk unboxing video game, dimana pada awalnya kita memainkan berbagai macam game yang ada di website yang telah diberikan oleh miss. Terdapat berbagai macam game yang tentunya sangat cocok untuk anak usia dini karena didalam game itu terdapat beberapa aspek perkembangan. Lalu kita akan memilih salah satu game yang akan kita analisis untuk dimasukkan kedalam ppt. Setelah membuat ppt kita membuat unboxing video dan menjelaskan hasil analisis yang terdapat di ppt.

B. Alasan memilih project ini
Saya memilih project ini karena pada project pertama ini dilakukan secara berkelompok dimana kita bisa saling bertukar ide dengan teman kita dan saling berkerja sama sehingga lebih memudahkan untuk mengerjakannya.

C. Suka duka dalam membuat project
Dalam project ini saya merasa bingung dalam menggunakan screen o matic karena disitu saya baru mengenal screen o matic sehingga belum terbiasa. Dan juga harus mencari pencahayaan yang bagus. Tetapi di project ini saya sangat senang karena disini kami membuat video unboxing yang di unggah ke youtube yang isinya tentu sangat bermanfaat untuk banyak orang.

D. Hal yang dipelajari ketika membuat project
Membuat video menggunakan aplikasi screencast o matic lalu membuat video yang diambil dari ppt.

II. Project 2 : Read Aloud
Produk : https://youtu.be/g4GqhCJ14Ss
Cerita
A. Deskripsi Singkat Project
Project ini adalah bercerita dimana awalnya kita diberi pemahaman oleh miss mengenai read aloud. Lalu kita menonton berbagai macam video read aloud di youtube. Kemudian  miss memberikan pilihan pada kita untuk membuat read aloud menggunakan buku cerita atau cerita online / e-book. Dan kita membuat video bercerita lalu kita mengeditnya.

B. Alasan memilih project ini
Alasan saya memilih project ini adalah karena project ini sangat menarik dan saya sudah lama tidak membaca cerita. Selain menarik, dalam project read aloud ini banyak sekali pesan moral yang dapat anak ambil.

C. Suka duka dalam membuat project
Dalam membuat video read aloud ini banyak suka dan dukanya. Salah satu kendala dari pembuatan video ini ketika take video beberapa kali harus mengulang karena ada beberapa suara yang mengganggu seperti suara ketawa adik-adik saya, suara tukang dagang yang lewat dan suara motor sehingga harus bersabar untuk mengulangnya. Suka nya yaitu disaat proses mengedit video dan juga kita dapat memberikan cerita yang tentunya sangat cocok untuk anak usia dini.

D. Hal yang dipelajari ketika membuat project
Hal yang dipelajari ketika membuat project read aloud adalah belajar intonasi bercerita untuk anak usia dini sehingga cerita menjadi lebih menarik.

III. Kesan selama mengikuti kuliah ini
Selama mengikuti mata kuliah ini saya merasa sangat senang karena disini saya dapat menemukan banyak hal baru yang sebelumnya tidak pernah saya temukan. Saya menjadi tau aplikasi untuk membuat video menggunakan screencast o matic dan cara mengedit dengan baik dan benar karena sebelumnya saya jarang sekali dalam hal mengedit video. Menurut saya di masa pandemi ini tidak ada hambatan dalam mata kuliah ini, karena sebelum kita diberi tugas miss selalu menjelaskannya melalui sebuah video sangat jelas sehingga tugas tugas yang miss berikan dapat kita kerjakan dengan baik. Ilmu yang telah miss berikan sangat bermanfaat dan tentunya sangat menyenangkan.

IV. Hal yang masih ingin dipelajari dari mata kuliah ini
Hal yang masih ingin dipelajari dari mata kuliah ini adalah masih ingin mempelajari lebih dalam tentang pembelajaran komputer untuk anak usia dini dengan baik dan benar.

Terimakasih miss untuk satu semester yang sangat menyenangkan ini dan telah memberikan ilmu ilmu yang pastinya sangat bermanfaat :)

1 comment:

  1. Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi 90
    2. Interaktivitas 80
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD 100

    Unboxing Website
    1. Kejelasan deskripsi website 80
    2. Kejelasan Demonstrasi website 60
    3. Kejelasan analisis relevansi website 70

    ReplyDelete