Saturday, June 13, 2020

Refleksi Sinta Lutfianindita

Nama: Sinta Lutfianindita
NIM: 1705980
Kelas: 6 A - PGPAUD

1. Project I
Membuat Video Unboxing Web Permainan Anak (https://youtu.be/PWJ5EGny-CI)
Cerita:
a. Deskripsi singkat: Video ini berisi kegiatan unboxing web permainan anak dari "Peg + Cat". Saya dengan rekan saya menceritakan tentang fitur-fitur dan permainan apa saja yang ada pada web Peg + Cat. Kami juga turut memainkan salah satu permainan di web tersebut.
b. Alasan memilih project: Alasan saya memilih project ini karena project ini memiliki kesan tersendiri untuk saya. Saya sangat senang karena jadi mengetahui ada beberapa website permainan yang ramah untuk anak, saya bisa membagi informasi ini kepada teman-teman maupun sanak saudara saya. selain itu karena dalam project ini saya bisa berkolaborasi dengan sahabat saya (yang biasanya kalau di dalam kelas memang susah untuk satu kelompok dengannya, hehehe)
c. Suka duka ketika pembuatan project: Banyak sekali suka dan duka yang kami berdua lewati selama pembuatan video ini. Diantaranya sinyal internet yang tidak stabil, kurangnya peralatan saat membuat video (Kami menggunakan kamera pada ponsel, dan menggunakan sandaran kursi sebagai tripodnya. Selain itu kami juga menggunakan lampu flash pada ponsel sebagai pencahayaan. Saat itu terasa menegangkan sekali karena ditakutkan ponsel kami jatuh dari sandaran kursi. Hehehe)
d. Hal yang dipelajari saat mengerjakan project: Saya belajar banyak mengenai cara-cara mengedit video menggunakan filmora, saya juga belajar untuk sabar ketika harus berulang kali take video ulang karena salah berbicara ketika pembuatan video.

2. Project II
Membuat Video Reading Aloud (https://youtu.be/b7e460VUOUs)
a. Deskripsi singkat: Video ini berisi cerita anak yang berjudul "Poki Mencari Rumah". Poki merupakan seekor kucing kecil yang sedang mencari rumah untuk ia tinggali.
b. Alasan memilih project: Alasan saya memilih project ini karena dalam pengerjaan project ini saya merasa kemampuan mengedit video saya mulai sedikit membaik. Saya mulai bisa dan jadi senang untuk mengotak-atik fitur-fitur yang ada pada aplikasi filmora. Saya juga berencana untuk membuat video-video dokumentasi ketika saya berkumpul dengan teman-teman ataupun saudara dan keluarga besar.
c. Suka duka ketika pembuatan project: Ada beberapa kendala saat pembuatan video ini, karena rumah saya juga berada di dekat jalan yang sering dilewati oleh kendaraan, jadi pada awalnya banyak sekali suara-suara motor lewat yang terdengar, belum lagi suara ayam atau burung milik tetangga saya. akhirnya saya sampai mengungsi ke rumah teman saya untuk melakukan rekaman.
d. Hal yang dipelajari saat mengerjakan project: Saya belajar lebih banyak lagi mengenai cara-cara mengedit video menggunakan filmora, saya juga belajar untuk sabar ketika harus berulang kali untuk merekam suara dubbing saya ketika ada beberapa pelafalan intonasi yang kurang jelas dan tepat.

3. Kesan selama mengikuti Mata Kuliah ini:
Saya sangat senang sekali karena saya rasa diantara mata kuliah lain, saya bisa sedikit lebih happy ketika mengikuti mata kuliah ini. Mata kuliah ini rasanya sebagai alat refreshing saya selama berkuliah di semester 6 ini. Dari mata kuliah ini, saya jadi lebih banyak tahu aplikasi ataupun website-website yang sangat berguna ketika saya menjadi guru ataupun nantinya menjadi seorang ibu. Sayangnya, pertemuan tatap muka harus terhenti karena adanya pandemi Covid-19 ini. Meskipun sedih karena tidak bisa melakukan pertemuan secara langsung dengan Miss serta teman-teman semua, saya tetap bisa mengikuti mata kuliah ini sampai selesai. Stay safe semua, semoga keaadaan membaik secepatnya agar kita bisa bertemu dikondisi yang lebih baik lagi.

4. Hal yang masih ingin saya pelajari dari mata kuliah ini:
tentunya masih banyak sekali hal yang ingin saya pelajari, terutama tentang membuat media-media pembelajaran yang menarik seperti media visual (video gambar bergerak, AR, dan yang lainnya).


Terimakasih banyak untuk 1 semester ini, Miss.
Mohon maaf bila saya ada kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja.

1 comment:

  1. Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi 80
    2. Interaktivitas 70
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD 90

    Unboxing Website
    1. Kejelasan deskripsi website 70
    2. Kejelasan Demonstrasi website 80
    3. Kejelasan analisis relevansi website 80

    ReplyDelete