Sunday, June 14, 2020

Refleksi Nadila Lisaholet_6A PGPAUD

Nama Lengkap : Nadila Lisaholet
NIM : 1702236
Kelas : 6A PGPAUD

I. Project 1 : 
Cerita :
a. Deskripsi singkat : project ini berisi tentang unboxing web permainan anak dari "Peg+Cat". Saya dengan rekan saya menceritakan tentang permainan yang ada di website dan membuat analisis video apakah web ini sangat cocok dan mudah dimainkan  anak usia dini. Video ini tentang bagaimana cara bermain game yang baik dan mengedukasi anak usia dini. 
b. Alasan memilih project : saya memilih project unboxing game karena ini merupakan project pertama yang saya buat di mata kuliah pembelajaran komputer bersama teman-teman, selain itu project ini berkesan bagi saya. karena ketika membuat produk ini terjadi kebingungan dalam memilih permainan mana yang akan kelompok kami pilih untuk membuat video.
c. Suka duka dalam pembuatan project : suka duka nya banyak sekali karena pekerjaannya harus dilakukan oleh dua orang yang memiliki waktu yang berbeda sehingga saya dan teman saya mengatur waktu untuk pembuatan video ini. Kami harus mencari teman yang sepi untuk membuat video, dan kami harus membuat ulang ppt yang akan digunakan untuk menyampaikan unboxing game tersebut. Ini adalah pengalaman pertama saya berbicara di depan kamera sehingga selalu menggulang pembuatan videonya. 
d. Hal yang di pelajari ketika mengerjakan project : saya mengerti sebuah arti kerjasama antar satu kelompok, kesabaran dalam proses pembuatan dan pengeditan video yang cukup rumit. Selain itu saya lebih memahami bagaimana menghargai teman ketika berbeda pendapat.

II. Project 2 :
Cerita :
a. Deskripsi singkat : project ini membahas tentang read aloud bagi anak usia dini. pada awal project saya melihat beberapa metode read aloud yang berbeda-beda, kemudian saya membuat video dengan cerita anak usia dini yang diambil dalam cerita di google. cerita ini cocok untuk diberikan kepada anak usia dini karena di dalam cerita tersebut terdapat pesan yang bisa di ambil anak.
b. alasan memilih project ini karena di dalam buku cerita ini menyampaikan pesan yang bisa di ambil oleh anak lewat mendongeng, project ini juga melatih saya dalam berbicara dan bercerita dengan mengembangkan intonasi, ekspresi dan pelafalan dalam bercerita agar orang yang menonton dapat memahami.
c. Suka duka dalam pembuatan project : kesulitan dalam take video karena susah mencari tempat yang sepi, saya harus merekam suara saat membaca ceritanya berulang-ulang dan salah pengucapan kata. 
d. Hal yang dipelajari ketika mengerjakan project : saya belajar bagaimana untuk menghidupkan cerita dengan belajar berekspresi, mengatur intonasi dan pelafalan yang baik.

III. Kesan selama mengikuti mata kuliah ini : Menyenangkan, pembelajaran komputer untuk anak usia dini ini membuka pemikiran saya terkhususnya dalam penggunaan teknologi dan media bagi anak usia dini secara bijak. Proses perkuliahan selama masa pandemi dirasa dapat saya ikuti dengan baik dan pembelajarannya menyesuaikan dengan kondisi dimana harus melakukan secara daring.

IV. Hal yang masih ingin dipelajari dari mata kuliah ini : setelah saya belajar banyak mengenai media dan teknologi untuk anak usia dini, Saya ingin belajar membuat game edukasi dengan mengembangkan aspek perkembangan anak dan bisa di aplikasikan untuk seluruh anak-anak.

1 comment:

  1. Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi 80
    2. Interaktivitas 70
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD 70

    Unboxing Website
    1. Kejelasan deskripsi website 90
    2. Kejelasan Demonstrasi website 90
    3. Kejelasan analisis relevansi website 90

    ReplyDelete