Saturday, June 13, 2020

Refleksi Gresia Noptriana Pasaribu

https://youtu.be/RIikqkqqajw

Nama    : Gresia Noptriana Pasaribu

NIM       : 1705715

Kelas     : 6 A

 

I.        Project 1: Unboxing Games

a.       Deskripsi : Curious George ini merupakan video unboxing game menyenangkan dan mengedukasi yang berasal dari salah satu web games edukasi untuk anak usia dini, dalam video unboxing ini saya dan team menjelaskan beberapa pembahasan seperti topic/tema yang disajikan, bagaimana cara menggunakan/ memainkan games ini, relevansi web games ini terhadap materi pembelajaran dipaud, dan sebaginya.

b.      Alasan Memilih project ini : walau video unboxing ini tidak sebagus video unboxing lainnya yang dapat ditemukan di youtube, tetapi pengerjaan video yang cukup menyenangkan dan memberi pengalaman menggunakan screen cast omatic yang cukup sederhana dan simple bagi pemula seperti kami, sehingga saya dapat menerapkannya dalam bidang lain seperti presentasi pada mata kuliah lain saya dapat menggunakan apl ini untuk mempermudah. Dalam  video unboxing ini saya dan team memiliki harapan dapat memberikan referensi games edukatif kepada orang tua dan anak.

c.       Suka : bisa lebih bekerjasama dan belajar menghargai kepentingan team agar mendapat hasil yang baik; bisa saling bertukar informasi atau pengalaman satu sama lain;

Duka : keadaan lingkungan kost yang ramai (bising) sehingga harus merekam tengah malam; pembuatan scenario/ script/ ppt yang terus berubah-ubah sampai mencapai titik temu kesepakatan bersama; berulang kali men take video dikarnakan kesalahan teknis salah satu anggota team; koneksi internet yang tidak stabil dalam meng upload video ke youtube

II.      Project 2: Digital Storytelling (Razia Learn to swim)

a.       Deskripsi : Project ini merupakan digital story telling yang berfokus dalam format "Read Aloud Video" yang berjudul Razia Learn to Swim yang berasal dari salah satu web story weaver

b.      Alasan Memilih Project ini : project ini melatih kepercayaan diri dan melatih cara bercerita yang interaktif, ekspresif  dan sesuai dengan karakteristik anak. Mengingat manfaat dari read aloud video ini dan dalam pembelajaran di paud guru juga cenderung menggunakan metode bercerita dikelas.

c.       Suka : saya suka tampil didepan kamera yang melatih kepercayaan diri dan mengajak anak agar terbiasa literasi dini dengan bercerita kepada anak; mendapat pengalaman dan pengetahuan mengedit, mengetahui manfaat, macam dan jenis digital story bagi anak sesuai dengan karakteristik.

Duka : sulit untuk mengatur intonasi suara tokoh yang berbeda beda dalam kondisi mulut kurang sehat; Kondisi rumah yang ramai (bising) sehingga harus merekam tengah malam; pengalaman mengedit yang kurang sehingga harus terus mencoba berbagai apl edit.

III.    Kesan selama mengikuti perkuliahan selama pandemic corona

Saya dapat belajar banyak hal seperti pengetahuan pengetahuan yang saya butuhkan dan dapat saya aplikasikan dikemudian hari.

Selama kuliah online di era pandemic ini tidak bisa dipungkiri pasti memiliki kesulitan dalam menguasai atau memperlajari materi perkuliahan karena satu dan lain hal, tetapi dalam mata kuliah computer untuk anak usia dini ini saya rasa cukup membimbing dan jelas dalam memberikan visualisasi materi pembelajaran, karena dosen aktif memonitor dan memberikan beberapa referensi untuk mempermudah proses pengerjaan proyek ataupun penyampaian materi.

IV.    Hal yang masih ingin dipelajari dari mata kuliah ini

·         Mempelajari beragam aplikasi program yang mendukung pembelajaran anak usia dini

·         Mempelajari lebih dalam mengenai pemanfaat internet untuk anak di abad 21

 

1 comment:

  1. Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi 90
    2. Interaktivitas 70
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD 90

    Unboxing Website
    1. Kejelasan deskripsi website 100
    2. Kejelasan Demonstrasi website 100
    3. Kejelasan analisis relevansi website 90

    ReplyDelete