Saturday, June 13, 2020

Refelksi_Andiani Yasmin

Bismillah, Assalamualaikum Warrahmatullaah. Selamat pagi ibu! Semoga selalu dalam keadaan sehat wal'afiyat. Bersama dengan ini saya Andiani Yasmin izin merefleksi selama melakukan kegiatan belajar mengajar mata kuliah pembelajaran komputer untuk aud.

1. Project Unboxing Web Games Music Maker

a. Project membuat konten yang berisi tentang unboxing web games education ini mengandung beberapa unsur pengptimalan perkembangan jamak bagi anak, mulai dari moral sipirtual, motorik, kognitif, bahasa, sosem hingga seni. Games ini sangat cocok digunakan untuk anak usia dini yang berkembang secara umum, berkembang lebih pesat maupun anak yg mengalami keterlambatan dalam perkembangannya. Games tersebut sangat cocok direkomendasikan juga sebagai playt herapy. Di games ini anak bisa mengeksplor dan menuangan imajinasi mereka dalam alunan musik yang terdiri dari nada-nada yang berbeda, mreka bisa mengkreasikan musik yang ingin mereka aransemen,serta mengatur tempo musik.

b. Memilih project tersebut karena hal ini merupakan pengalaman pertama dalam membuat konten You Tube yang banyak diminati dan dinikmati oleh khalayak umun dalam negri hingga dunia. Maka dari itu, saya bersama partner project unboxing (firdanita pristiana) mencoba melakukan semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang terbaik agar layak untuk dipertontonkan dikhalayak unum.

c. Suka duka dibalik pembuatan project ini, terutama sukanya karena editing video sudah bukan merupakan hal asing bagi saya, interesting, dan bukan hal sulit tapi justru menyenangkan. Saya sebetulnya sama sekali tidak menganggap hal ini adalah duka. Namun banyak sekali hal yang terjadi dibalik pembuatan video ini, saya bersama partner saya berkali-kali melakukan dubbing video tapi selalu gagal, terpotong karena lupa script, ada sisipan bahasa sunda sehari-hari yang mungkin tidak dapat dimengerti oleh anak kecil jika menonton video ini, ada sisipan suara terbahak-bahak karena reflek dari pembawaan yang selalu gagal karena hal tadi. Proses dubbing video berlangsung selama 7 jam (13.00-20.00) lama, karena dalam pengerjaannya banyak iklan ini dan itu (ngobrol, jajan, tidur, main hp,de es be)

d. Dalam pembuatan project ini, trutama suka nya khususnya saya mendapat pengalaman baru, banyak belajar dari pembuatan konten ini seperti dari segi berbicara, pembawaan dalam mempromosikan video, dan masih banyak point lainnya membuat saya banyak memiliki bekal ilmu yang bermanfaat untuk kedepannya serta kebermanfaatan ini dapat dinikmati oleh orang banyak

2. Project Read Aloud Story (Monyet Cerdas)

a. Ini merupakan project kedua dalam membuat konten video di YouTube. Video ini menguji mahasiswa untuk berkreasi dalam mengemas sebuah storry telling semenarik mungkin. Video garapan ini menceritakan tentang kisah monyet terlantar yang dipelihara oleh pecinta hewan. Dalam pembuatan video ini, dosen memberikan banyak pilihan tehnik dalam pembawaan sebuah cerita, dan saya memilih untuk mendubing cerita.

b. Project ini merupakan tantangan baru bagi saya dalam membawakan sebuah cerita seunik dan semenarik mungkin, agar penikmat video saya tidak merasa borring dan perhatian mereka tetap konsisten untuk menonton video dari awal hinggal akhir. Saya memutuskan untuk mendubbing video ini dengan menirukan suara salah satu karakter anime yang berjudul (Naruto) yaa meskipun tidak mirip-mirip amat sih. Tapi suatu prestasi bagi saya ketika banyak orang yang menyukai konten video saya yang satu ini.

c. Suka duka, sukanya sama seperti review sebelumnya saya merasa sangat senang dan interesting karena bagi saya ini bukan sebuah tugas melainkan hiburan bagi dirisaya, yang dimana disini juga saya dapat menghibur para penikmat video saya, dan video ini dapat terus dinikmati sepanjang masa hingga kemudia jika saya memiliki keturunan, mereka pun dapat menikmati hasil karya saya. Dukanya, seringkali dalam mengekspor video, email terbanned oleh aplikasi video editor. Tapi Alhamdulillaah Allaah mudahkan dalam proses pembuatan video ini.

d. Dalam pemrosesan konten video yang dinikmati segala rentang usia, memerlukan kesabaran tinggi, niat yang penuh dan kreatifitas dalam mengemas video. Meskipun saya yakin, masih banyak orang-orang yang lebih hebat dan berkompeten dalam urusan membuat konten video 

3. Saya merasakan bahwa mata kuliah ini satu-satunya mata kuliah yang dimana saya tidak merasa bahwa saya sedang belajar, tapi saya sedang menekuni sebuah permainan yang terdiri dari berbagai tantangan yang diberikan dari dosen. Mata kuliah yang menyenangkan, bahkan merasa terhibur dengan adanya pemberian tantangan di setiap pekannya.

4. Hal yang masih ingin dipelajari dalam matkul ini adalah semuanya. Saya tidak bisa memilih hanya satu atau dua, karena penting bagi saya untuk mempelajari semua yang sudah dosen berikan. Apalagi mata kuliah ini hampir 95% mengandung sebuah hiburan. Siapa yang tidak senang untuk mempelajari ini semua? Hehehe. 

Sekian....
Terimakasih banyak atas bimbingan selama ini, salah satu dosen favorite saya di kampus UPI Puwakarta,
Dr. Finita Dewi, M.Pd.

Wassalamu'alaikum warrahmatullaah wabarakatuh.


1 comment:

  1. Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi 90
    2. Interaktivitas 90
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD 90

    Unboxing Website
    1. Kejelasan deskripsi website 80
    2. Kejelasan Demonstrasi website 100
    3. Kejelasan analisis relevansi website 90

    ReplyDelete