Friday, June 12, 2020

Refleksi_Tia Nadilah

Nama : Tia Nadilah
NIM : 1703486
Kelas : 6B PGPAUD

1.Project 1 : Unboxing Game
Produk : https://youtu.be/97JQk6jlDoU
Cerita : Project ini merupakan project kelompok yang menganalisis
sebuah game dalam suatu website..Saya memilih unboxing game karena
ketika saya mencoba dalam suatu website ada berbagai macam permainan
yang dapat dimainkan tentunya cocok untuk Anak Usia Dini. Dari
berbagai macam permainan yang ada dalam website tersebut saya dapat
memilih salah satu. Dari permainan dalam website tersebut mempunyai
banyak manfaat untuk perkembangan anak seperti mengajarkan konsep
teknologi, konsep kognitif, bahasa, matematika, motorik dan lainnya.
Sehingga dapat mengembangkan aspek perkembangan anak. kita dapat
memilih permainan yang cocok untuk dimainkan oleh anak. Dalam
pengerjaan unboxing game ini saya dan teman sekelompok saya mengalami
kendala ketika di laptop kami sudah menginstal screncast o matic
tetapi tidak bisa dipakai untuk take video dan akhirnya kami meminjam
laptop teman dan menunggu karena harus bergantian. Kesulitan lainnya
ketika kami salah mengucapkan kata di pertengahan pembuatan video
sehingga kami harus mengulangnya dari awal. Dari pengerjaan unboxing
video ini saya dapat mengetahui bagaimana cara penggunaan aplikasi
yang digunakan (screncast o matic) karena untuk saya pribadi baru
pertama kali menggunakan aplikasi tersebut, kemudian saya dapat
belajar bagaimana berbicara didepan kamera dan belajar bagaimana cara
menyampaikan cara memainkan game tersebut sesuai dengan cara dan
dengan menggunakan bahasa yang mudah difahami.

2.Project 2 : Read Aloud
Produk : https://youtu.be/d0CBl4iB4Pw
Cerita : Read Aloud ini salah satu cara merangsang keterampilan
bahasa anak. tentunya dengan cara kita sebagai pendidik atau orang
tua yang membacakan nya untuk anak. Melalui Read Aloud anak diajak
untuk mengembangkan kemampuan berbahasanya menggunakan pengalaman
yang ada di buku. Read aloud dapat membangun keterampilan literasi
melalui pengenalan bunyi, intonasi, kemampuan mendengar, berbicara,
membaca dan menulis. Read Aloud juga membantu anak menambah kosa kata,
terutama kosa kata bahasa buku yang dipergunakan untuk membaca.Saya
menggunakan buku cerita yang dapat dilihat oleh anak. Media buku
cerita merupakan media yang digunakan dalan read aloud yang
mempermudahkan anak untuk menceritakan kembali atau melanjutkan
dongeng. Dalam buku tersebut terdapat ilustrasi cerita sesuai
dengan alur cerita. Jadi membantu anak untuk mengembangkan
cerita maupun mempermudah dalam mengembangkan cerita. Sebelum
menceritakan pada anak kenalkan penulis bukunya, ilustratornya, bahkan
mungkin penerbitnya. Kita tidak hanya mengenalkan masing-masing tokoh
saja, tapi juga penulis, ilustrator, penerbitnya, ini salah satu
bentuk apresiasi. Ketika pembuatan video read aloud ini saya mengalami
kesulitan mencari tempat take video yang hening karena memang rumah
saya dekat jalan raya jadi ketika take video banyak suara kendaraan.
Kesulitan lainnya yaitu ketika saya tidak bisa membedakan suara antara
peran satu dengan peran lainnya. Dari pembuatan video read aloud ini
saya sekaligus belajar untuk mengatur intonasi suara dan belajar
bagaimana cara membacakan cerita yang dapat menarik perhatian anak.

3.Kesan selama mengikuti kuliah
Selama mengikuti mata kuliah ini banyak ilmu yang saya dapatkan
terutama tentang mengenalkan teknologi pada anak. Dari mata kuliah ini
saya dapat mengetahui dan menggunakan beberapa aplikasi untuk membuat
video selain itu saya juga dapat belajar cara mengedit video karena
sebelumnya saya jarang sekali mengedit video.

4.Hal yang masih ingin di pelajari
Saya masih ingin mempelajari tentang membuat media visual nelalui
canva dan mempelajari tentang read aloud lebih dalam lagi agar saya
dapat bercerita dengan maksimal sehingga anakpun akan tertarik dan
dapat menyimak dengan baik.

1 comment:

  1. Unboxing Website
    1. Kejelasan deskripsi website 90
    2. Kejelasan Demonstrasi website 70
    3. Kejelasan analisis relevansi website 80

    Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi 80
    2. Interaktivitas 80
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD 80

    ReplyDelete