Saturday, June 13, 2020

Refleksi Latipah

Nama   : Latipah

NIM    : 1705834

Kelas   : 6A PGPAUD

 

I.  Project 1

Produk : Media Visual untuk AUD (terlampir)

a)  Deskripsi : Merupakan media visual untuk anak usia dini, media visual ini dibuat untuk dapat mengembangkan kemampuan symbolic thinking anak sekaligus untuk memberikan stimulus literasi dini kepada anak usia dini. Judul dari projeck media visual ini adalah "Yuk Lakukan Ini di Bulan Ramadhan dan di Bulan Lainnya". Saya mengambil tema yang menyangkut pautkan dengan ramadhan adalah karena tugas ini bertepatan dengan masa-masa menjelang ramadhan. Dibuat demikian karena saya berharap anak usia dini dapat merasakan euforia ramadhan dengan ia mulai untuk belajar berpuasa dan melakukan hal-hal baik yang lainnya agar dapat menambah pahalanya, dan tentu saja semua hal baik yang tertulis dalam media visual ini tidak hanya dilakukan pada saat bulan ramadhan saja melainkan dibulan-bulan lainnya juga.

b) Alasan memilih project ini adalah karena project media visual ini merupakan karya pertama saya dalam membuat media visual untuk anak, dan ini merupakan kali pertama saya mengeksplor dan menggunakan sebuah aplikasi untuk membuat sebuah media visual. Selama ini saya membuat media visual hanya dengan media kertas yang digambar secara manual.

c)  Suka dan duka yang dirasakan selama proses pembuatan media visual ini adalah tentu saja karena ini pengalaman pertama saya dalam membuat media visual dengan sebuah aplikasi maka saya merasa sangat senang dan bersemangat dalam membuat dan menyelesaikannya, saya bisa mengeksplor hal yang belum pernah saya pakai sebelumnya walaupun mengalami berbagai kendala seperti susahnya mencari gambar yang sesuai dengan keinginan saya karena di internet lebih banyak gambar anak usia dini yang berasal dari luar negeri, saya pula beberapa kali harus merevisi tata letak gambar dan tulisan, beberapa kali salah mengetik dan perpaduan warna yang kurang sesuai. Tapi secara umum saya sangat menikmati dan sangat senang bisa menggunakan dan mempelajari hal baru yang belum pernah saya pakai J

d) Hal yang dipelajari ketika mengerjakan project ini adalah harus lebih teliti lagi saat pengerjaan, terutama pada saat mengetik tulisan untuk media visual. Kemudian saat pengerjaan project ini pula saya belajar untuk lebih mengembangkan kreativitas terutama bagi calon guru paud di masa sekarang dimana dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif.

II.  Project 2

Produk : Read aloud video. Link: https://youtu.be/UKRXEVSZsKM

a) Deskripsi : Project ini merupakan sebuah read aloud video untuk anak usia dini dengan versi berbahasa indonesia, dalam video ini saya membacakan sebuah cerita yang berjudul "Satu Hari Mencari Kebaikan" cerita tersebut ditulis oleh Fhidia Salsabil Shafa dan diilustrasikan oleh Garis Bintang Studio. Untuk project ini saya cukup banyak menggunakan aplikasi via android untuk mengedit foto yang dijadikan komponen dalam video ini seperti background eraser, remove unwanted object, dan picsay pro. Kemudian untuk editing video saya menggunakan aplikasi power director dan diedit dengan menggunakan android.

b) Alasan memilih project ini adalah karena video ini merupakan video read aloud untuk anak usia dini yang belum terlalu banyak pada situs berbagi video (youtube), dengan memberikan video berupa read aloud pula banyak memberi manfaat kepada anak, seperti dapat mengembangkan daya imajinasi anak dan memberikan interaksi kepada anak dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana  yang disampaikan pada saat video berlangsung. Kemudian alasan lainnya adalah karena banyak perjuangan yang dilakukan pada saat proses pembuatan dan penyelesaian project ini.

c)  Suka dan duka yang dirasakan adalah banyaknya pengalaman luar biasa yang dapat dirasakan terutama pada saat proses pengambilan video, pada saat itu banyak kendala yang terjadi seperti take video yang harus dilakukan berulang-ulang kali dan membutuhkan waktu yang lama karena banyaknya salah dalam mengucapkan atau keliru saat mengucapkan sesuatu, harus diulang kembali saat tiba-tiba pikiran blank begitu saja dan bingung hendak berucap apa, kemudian banyaknya suara-suara yang cukup mengganggu seperti suara hewan yang tiba-tiba terdengar ataupun suara orang sedang berbicara. Selanjutnya pada saat editing video, karena laptop yang kurang mendukung sehingga harus menggunakan android yang layarnya cukup kecil maka proses memotong video membutuhkan waktu yang cukup lama, begitu pula pada saat menyingkronkannya dengan beberapa backsound, dan pada saat proses eksport video sampai harus menghapus beberapa data-data karena memori internal yang tidak cukup. Disamping kendala-kendala tersebut selama proses pengerjaan dan penyelesaian project ini sangat menyenangkan terutama pada saat mempersiapkan bahan bacaan, memperdalam cerita yang akan disampaikan, mempelajari karakter tokoh dan ekspresinya, berlatih intonasi, berlatih suara untuk tokoh dalam cerita, dan sangat menyenangkan saat proses mempersiapkan setting tempat pengambilan video dimana harus mencari tata letak yang bagus, mencari pencahayaan yang bagus, mempersiapkan background untuk video, menata kamera handphone untuk merekam video, dan mempersiapkan diri saat hendak memulai pengambilan video J

d) Hal yang dipelajari ketika mengerjakan project ini adalah segala sesuatu harus dipersiapkan dengan baik dan matang agar hasil video yang didapatkan bagus, menarik, dan enak dilihat terutama saat dilihat oleh anak usia dini. Dengan berbagai kendala yang dialami pula semakin melatih kesabaran diri untuk bisa memberikan  yang terbaik yang bisa dilakukan.

III. Kesan selama mengikuti kuliah tentu saja sangat menyenangkan terutama saat bisa berinteraksi secara langsung dengan Ibu. Dalam perkuliahan ini banyak hal baru yang saya pelajari terutama dengan penggunaan teknologi dan aplikasi-aplikasi bagus yang ternyata cukup mudah untuk digunakan. Pengalaman lainnya adalah saat megeksplor permainan yang sangat menarik untuk anak, kemudian harus dianalisis dan membagikan video di youtube, hal tersebut merupakan pengalaman pertama untuk bisa membuat konten pada media youtube yang selama ini hanya menjadi penikmat saja J Pembelajaran daring selama masa pandemi ini pula sangat menyenangkan, Ibu memberikan penjelasan mengenai materi-materi yang belum tersampaikan dengan pembawaan yang sangat baik, menyenangkan, dan mudah dimengerti. Tugas-tugas yang diberikan pula dapat menambah keterampilan dalam menggunakan teknologi terutama untuk orang yang cukup anti dengan teknologi J Terimakasin Bu Fin untuk satu semester yang sangat menyenangkan ini, mohon maaf apabila saya banyak melakukan kesalahan kepada Ibu  dan kurang maksimal dalam pengerjaan project atau tugas yang Ibu berikan. Semoga Ibu selalu dalam keaadan sehat dan selalu dilindungi oleh Allah SWT. Sukses terus Bu Aamiin. Sampai berjumpa kembali Bu dengan semester-semester selanjutnya, rasanya sudah tidak sabar untuk belajar bersama Ibu kembali J

IV. Jika masih diberikan kesempatan hal yang masih ingin saya pelajari dari mata kuliah ini adalah ingin belajar lebih dalam dari Ibu dan lebih mengeksplorasi mengenai media Augmented Reallity untuk anak usia dini, karena saya menjadi sangat tertarik dengan media ini yang akan sangat bermanfaat serta dapat memberikan pengalaman yang baru bagi anak dengan penggunaan AR ini, kemudian alasan lainnya adalah karena bagi saya pribadi masih kurang ngena euforia belajar mengenai materi AR ini jika hanya dengan melihat dari video yang Ibu sampaikan melalui youtube.


Sekali lagi terimakasih Bu Finita untuk semuanya, mohon maaf apabila terdapat kata-kata yang kurang berkenan J

 

1 comment:

  1. Infographic
    1. Kejelasan pesan yang disampaikan 80
    2. Relevansi media visual (Gambar/Warna/Tulisan) dengan karakteristik AUD 80
    3. Kreativitas/orisinalitas pembuatan media visual 70

    Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi 90
    2. Interaktivitas 100
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD 90

    ReplyDelete