Sunday, June 14, 2020

Refleksi Marhamah

Nama : Marhamah
NIM         : 1703954
Kelas : 6B PGPAUD

1. Unboxing video
a. Unboxing video untuk eksplorasi website dan membuat video analisis. Tugas ini dilakukan secara berkelompok, di mana setiap kelompok memilih salah satu education game untuk anak usia dini. Saya memilih education game yang bernama "Chicken Dance". Game tersebut dapat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini untuk meningkatkan aspek perkembangan anak.
b. Saya memilih project unboxing video sebagai bahan refleksi karena saya menemukan banyak pembelajaran baru untuk anak usia dini yang menyenangkan. Begitu pun tugas ini terasa begitu menyenangkan dan menantang bagi saya untuk membuat video melalui aplikasi screen cast o matic.
c. Suka duka ketika pembuatan video ini yaitu, kesulitan untuk menyimpan video melalui aplikasi screen cast o matic, entah karena jaringan yang kurang mendukung atau ada permasalahan lain. Selain itu, pembuatan video yang tidak cukup dengan satu kali take, cukup memakan waktu. Namun, saya cukup senang karena mempelajari hal baru dari pembuatan video melalui screen cast o matic, sebelumnya saya belum pernah menggunakan aplikasi ini.
d. Hal yang saya pelajari yaitu cara berbicara di depan kamera untuk menyampaikan informasi kepada penonton agar terlihat lebih menarik dan tidak terkesan monoton. Mempelajari cara menggunakan aplikasi screen cast o matic dan editing video. Selain itu, juga menambah pengetahuan dalam menganalisis dan education game yang begitu menarik dan menyenangkan untuk diterakan dalam pembelajaran anak usia dini.

2. Read Aloud Video
a. Tugas read aloud video ini untuk menganalisis read aloud video dan mengadaptasi menjadi read aloud video versi Indonesia. Pada tugas ini, saya mengambil cerita dengan tokoh hewan (fabel) yang berjudul "Keserakahan Macan Tutul". Pada tugas ini, mahasiswa ditugaskan untuk membuat video mendongeng untuk anak usia dini. Di samping itu, mahsiswa juga harus editing video semenarik dan sekreatif mungkin.
b. Saya memilih project ini sebagai bahan refleksi, karena saya tidak hanya belajar untuk mengedit video selama pembelajaran era corona ini, tetapi juga belajar untuk mendongeng. Memainkan mimik wajah dah suara layaknya seorang pendongeng menjadi hal baru bagi saya. Saya juga belajar untuk membuat animasi sederhana dari gambar buku yang telah saya ceritakan pada video tersebut. Hal ini tenetunya menambah berbagai pengetahuan dan kreativitas saya dalam pembelajaran digital.
c. Suka duka ketika pembuatan video ini, yaitu banyaknya noise yang masuk ketika proses perekaman dan intonasi serta cara saya memainkan jenis suara dalam mendongeng yang masih kurang. Terlepas dari itu, untuk editing video dan pembuatan animasi cukup lancar, meskipun animasi yang saya buat masih tergolong sederhana. Tugas yang menurut saya sangat menarik, memunculkan berbagai kreativitas dalam satu waktu melalui satu tugas.
d. Hal yang saya pelajari yaitu mengenai read aloud video dan teknik mendongeng di depan kamera. Di samping itu, saya juga belajar memadukan aplikasi-aplikasi untuk membuat animasi dari gambar cerita tersebut agar menghasilkan animasi yang menarik untuk ditonton. Dalam pembuatan video ini tentunya menambah kemampuan saya dalam editing video yang kreatif.

3. Mata kuliah Pembelajaran Komputer untuk Anak Usia Dini yang diampu oleh Dr. Finita Dewi, M. Pd. menurut saya menjadi mata kuliah yang paling menyenangkan selama kuliah online pada masa covid-19 ini. Dosen membuat video mengenai penjelasan dari materi yang akan disampaikan, saya cukup jelas dengan materi yang disampaikan meskipun hanya melalui video (tidak tatap muka secara langsung). Setelah itu, dosen akan memberikan tugas dengan rentang waktu yang sangat cukup digunakan mahasiwa untuk mengerjakan tugas tersebut. Ha itu tentunya tidak memberatkan mahasiswa dengan jaringan yang cukup menguras kesabaran seperti saya. Saya sering sekali membuka website dan menonton video pembelajaran yang disampaikan tengah malam, mengirim tugas pun sering juga tengah malam. Saya memilih tengah malam untuk mendapatkan koneksi yang cukup lancar. Alhamdulillah, pembelajaran dalam mata kuliah ini dapat saya lalui dengan lancar. Saya cukup menikmati proses pembelajaran dan cara mengajar dalam mata kuliah ini. Begitu pun dengan materi-materi yang disampaikan memberikan ilmu baru dan menciptakan kreativitas mahasiwa yang sangat berguna untuk menunjang pembelajaran pada pendidikan anak usia dini.

4. Hal yang masih ingin saya pelajari dari mata kuliah ini sebenarnya banyak sekali, tetapi yang paling ingin saya perdalam yaitu mengenai editing video, pembuatan animasi dan design, serta augmented rality.

1 comment:

  1. Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi 80
    2. Interaktivitas 80
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD 90

    Unboxing Website
    1. Kejelasan deskripsi website 80
    2. Kejelasan Demonstrasi website 70
    3. Kejelasan analisis relevansi website 90

    ReplyDelete