Saturday, June 13, 2020

Refleksi Alfiyah

Nama : Alfiyah
Nim : 1701709
Kelas : 6A PGPAUD

       I.            Project 1

Produk : Read Aloud Video "Roza Serbabisa" (https://youtu.be/buMOK2YwIEE)

Cerita :

a.      Read aloud video adalah salah satu tugas dari mata kuliah pembelajaran komputer untuk anak usia dini. Tugas ini mewajibkan setiap mahasiswa untuk membuat video bercerita dengan menggunakan buku cerita yang cocok untuk anak usia dini, buku cerita yang cocok untuk anak usia dini adalah buku yang lebih banyak gambar dan sedikit tulisan dalam ceritanya, serta memiliki nilai moral yang dapat diajarkan kepada anak. Dan pada tugas ini saya memilih buku cerita dengan judul "Roza Serbabisa" buku tersebut menceritakan Roza yang awalnya selalu malas-malasan dan mengeluh ketika melakukan kegiatan setelah bermain ke rumah Gia dan melihat Gia bisa melakukan semua nya sendiri Roza jadi malu dan bertekad agar bisa seperti Gia. Nilai yang dapat diambil dari buku tersebut untuk anak usia dini adalah mengajarkan anak untuk menjadi anak yang mandiri dan hebat. Seperti layak nya orang yang bercerita kita harus menggunakan bahasa ekspresi dengan baik dan berbagai macam suara sesuai dengan banyak nya tokoh dalam buku tersebut agar anak-anak tertarik dengan vidoe tersebut dan dapat menyampaikan makna yang terkandung dari cerita tersebut dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak usia dini.

b.      Alasan saya memilih project ini, karena ini project individu yang menarik untuk saya dan membuat saya belajar menjadi seorang pencerita yang baik. Dalam diri saya percaya bahwa dengan pemberian cerita kepada anak usia dini akan mampu mengubah sikap anak dengan pesan-pesan dan nilai moral yang terkandung dalam cerita yang dibacakan. Project ini masih teringat proses pengerjaan nya dan membuat saya hafal keseluruhan dari cerita Roza serbabisa karena harus take berulang kali.

c.       Suka duka dalam pembuatan project ini yang saya rasakan kemarin adalah dimana saya harus meminta bantuan kepada sepupu untuk memvideokan saya ketika bercerita dan susahnya mencari posisi yang tepat agar buku cerita nya dapat terlihat dengan jelas. Adanya gangguan suara dari luar ruangan yang digunakan selama take video, kurang tepatnya bahasa interaksi ketika bercerita sehingga harus take ulang. Kemudian proses pengeditan video yang memerlukan kesabaran yang luar biasa ketika harus menyatukan banyak video yang sudah ditake, memotong bagian kecil yang memang tidak terpakai dan menambahkan video pembukaan diawal. Tapi dari sini saya belajar agar dapat bercerita dengan baik, belajar arti kesabaran ketika harus take berkali-kali dan ketika mengedit video. Dan saya suka dengan project ini karena saya paling semangat ketika bercerita dengan anak-anak dan disini saya dapat mengajarkan nilai-nilai kebaikan yang ada dalam cerita yang saya bacakan.

d.      Hal yang dapat saya pelajari dari project ini adalah sebuah pengalaman yang luar biasa selama proses pengerjaannya, mulai dari memilih buku cerita yang baik untuk anak, proses latihan, proses take video, serta menemukan nilai yang terkandung dalam cerita. Belajar melatih ngedit vidoe lagi dan pengalaman bercerita untuk anak.

    II.            Project 2:

Produk : Unboxing Video "The Highlight Zone" (https://youtu.be/CSt_8ay85fc)

Cerita :

a.       Unboxing video adalah salah satu tugas yang lain dari mata kuliah pembelajaran komputer untuk AUD dengan proses pengerjaan dua orang, dan saya berpasangan dengan Ayu Vita Tri Rezeqi. Nah kali ini, dalam tugas ini kita mengunboxing sebuah game edukasi yang bisa dimainkan oleh anak. Ada terdapat banyak pilihan game dalam berbagai situs dengan berbagai macam pilihan pembelajaran seperti : math fair share, PBS Page Game, dan Ecosystem Game. Anak dapat belajar mengenal ekosistem hewan, bentuk geometri, dan matematika sambil bermain game. Untuk unboxing video nya sendiri kami harus mencari tahu apa topik atau tema dari game yang dipilih, bagaimana cara menggunakannya, apakah website game tersebut cocok untuk digunakan di kelas Indonesia, kerelevanan game tersebut dengan materi di PAUD, dan jika memungkinkan untuk membari informasi tamabahn mengenai game tersebut. Kami memilih The Highlight Zone untuk unboxing video kali ini, dimana game tersebut dapat mengenalkan bentuk geometri dasar untuk anak usia dini. Mengajarkan anak untuk dapat meletakkan bentuk geometri sesuai dengan gambar agar bisa berwarna kembali. Kami menggunakan aplikasi screen o matic ketika mentake vidoe unboxing game.

b.      Alasan saya memilih project ini karena project kali ini seru dan asyik. Dari tugas ini kami bisa mengenalkan media pembelajaran lewat game pada anak serta anak mendapat pengetahuan baru. Project ini juga mengenalkan arti sebuah kerja satu tim dengan pasangan saya. Pengenalan aplikasi baru yang menarik untuk dipelajari dalam pembuatan video.

c.       Nah untuk suka duka nya banyak sekali karena memang pengerjaannya oleh dua orang yang memiliki pemikiran masing-masing dikepalanya jadi harus menyatukan persepsi terlebih dahulu, mengatur jadwal antara saya dan partner, belajar mengenal aplikasi baru untuk proses take video mencoba klik sana klik sini untuk aplikasi tersebut, mencari area di kampus yang sepi dan tak ada suara karena tidak memungkinkan untuk mengerjakan di kos an. Dan kami harus membuat ulang ppt yang akan digunakan untuk menyampaikan unboxing game tersebut. Untuk perasaanya sukanya sendiri karena project ini berdua jadi saling membantu untuk menyelesaikannya, merasa lebih ringan dan seru, bisa menggali game-game yang bisa dimainkan oleh anak dan menambah pengetahuan anak. Terimakasih kepada Ayu Vita dan maaf kan saya kalau ada salah selama proses pengerjaannya.

d.      Hal yang bisa saya pelajari selama mengerjakan project kali ini adalah sebuah arti kerjasama antar satu kelompok, kesabaran dalam menyatukan pikiran dan ide dari dua orang dan proses pengeditan video yang cukup rumit. Serta pengetahuan baru mengenai aplikasi screen o matic.

 III.            Kesan selama mengikuti mata kuliah ini

Kesannya mata kuliah ini membuat saya menambah pengalaman-pengalaman baru yang bisa selalu saya ingat kedepannya. Dengan tugas-tugas yang mengharuskan kita aktif, kreatif dan inovatif pastinya. Dan mampu menyiapkan kita menjadi guru yang hebat dengan media-media yang baru. Sebenarnya diawal pertemuan ada sedikit rasa berat ketika mendengar tugas-tugasnya "aduh bisa gak yah saya mnegerjakannya" tapi bu Finita mampu untuk membimbing sehingga saya dapat mengerjakan tugas dengan baik dan santai. Terimakasih Bu Finita atas ilmu nya.

 IV.            Hal yang masih ingin dipelajari dari mata kuliah ini

Hal yang masih ingin dipelajari dari mata kuliah ini adalah pembuatan media visula dengan canva agar lebih mahir dan membuat media-media yang menarik. Kemudian macam-macam augmentid reality yang belum pernah saya coba.    

1 comment:

  1. Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi 80
    2. Interaktivitas 70
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD 80

    Unboxing Website
    1. Kejelasan deskripsi website 80
    2. Kejelasan Demonstrasi website 90
    3. Kejelasan analisis relevansi website 90

    ReplyDelete