Friday, June 12, 2020

Refleksi Tina Nurjanah

Nama Lengkap : Tina Nurjanah
NIM                   : 1706052
Kelas                 : 6B PGPAUD

I. Project 1
Produk :

Cerita :
- Project ini adalah salah satu project dalam materi media visual untuk anak usia dini. Dalam project ini kami membuat media visual berupa info grafik 
- Info grafik yang saya buat adalah "aktivitas selama bulan ramadhan" alasan membuat media visual tersebut pertama karena pada saat penugasan project tersebut bertepatan dengan bulan ramadhan dan media visual tersebut dirasa sangat cocok untuk mengenalkan kegiatan di bulan ramadhan kepada anak usia dini dengan lebih mudah dan menyenangkan.
- suka duka dalam pembuatan projek ini yakni mendapat ilmu baru khususnya dalam membuat desain tetapi harus dipikirkan mengenai warna gambar dan tema yang cocok untuk anak usia dini.
- hal yang dipelajari ketika mengerjakan projek ini yakni menggali kreativitas dan kemampuan dalam membuat desain sederhana dengan aplikasi yang mudah.

II. Project 2
Cerita :
- Project ini dibuat dalam materi Digital Storytelling dimana kami ditugaskan untuk membuat video read aloud
- Read aloud video yang saya buat adalah "Kisah Kancil dan Buaya" meskipun cerita ini telah banyak didengar namun memiliki amanat yang sangat baik untuk diajarkan kepada anak usia dini saya memilih cerita ini agar dapat saya ceritakan kembali dengan gaya yang berbeda
- suka duka dalam membuat project ini yakni menyenangkan karena kita dapat membawakan sebuah cerita yang dapat ditonton oleh orang banyak tetapi saya mengalami kesulitan dalam mencari gambar animasi yang akan ditampilkan dalam video dengan kualitas yang baik
- hal yang dipelajari dalam membuat project ini diantaranya teknik membawakan cerita, membuat gambar cerita yang menarik bagi anak usia dini dan editing video :)

III. Kesan selama mengikuti kuliah ini
Membuka pikiran saya terkhusus dalam penggunaan teknolologi dan media bagi anak usia dini secara bijak. proses perkuliahan selama masa pandemi ini dirasa dapat kami ikuti dengan baik dan bisa menyesuaikan dengan kondisi dimana harus melakukan pembelajaran secara daring

IV. Hal yang ingin dipelajari
setelah kami belajar banyak mengenai media dan teknologi bagi anak usia dini terutama pada materi game edukasi, ingin sekali dapat membuat game edukasi yang sesuai dengan aspek perkembangan anak dan bisa di aplikasikan 

1 comment:

  1. Infographic
    1. Kejelasan pesan yang disampaikan 80
    2. Relevansi media visual (Gambar/Warna/Tulisan) dengan karakteristik AUD 80
    3. Kreativitas/orisinalitas pembuatan media visual 70

    Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi 70
    2. Interaktivitas 70
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD 80

    ReplyDelete