Saturday, June 13, 2020

Refleksi Bella Yolandini

Nama Lengkap : Bella Yolandini
NIM : 1700267
Kelas : 6A PGPAUD

I. Project 1:
Produk : 

a. Deskripsi singkat project. Media Visual (Berkebun). 
Media visual secara umum dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau sarana komunikasi sesuai tingkat pemahaman anak, sebab  "media" berasal  dari bahasa Latin dan merupakan bentuk  jamak dari kata"medium"yang secara harafia berarti"perantara atau pengantar".Dengan demikian, media merupakan wahana penyalur informasi belajar atau penyalur pesan. Media adalah sumber belajar, maka secara luas media dapat diartikan dengan manusia, benda, ataupun peristiwa yang memungkinkan anak didik memperoleh pengetahuan  dan keterampilan. (Sadiman, 2010, hlm.6). 
Saya membuat media visual dengan judul Mari Berkebun, dengan tujuan untuk memperkenalkan dan menstimulasi kepada anak usia dini yang baru belajar mengenal huruf, dan membaca kalimat sederhana agar lebih mudah dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, melalui kegiatan berkebun. Dari mulai, membersihkan halaman, menanam pohon, menyiram tanaman, memetik buah atau bunga, merawat tanaman. Tujuannya, agar sedari dini sudah distimulasi dengan baik bagaimana cara menjaga lingkungan, menjaga bumi dari polusi. 
b. Alasan saya memilih project ini, sebab saya pertama kali mebuat desain media visual dengan tangan saya sendiri, mengetahui dan belajar mandiri menggunakan aplikasi canva untuk mendesainnya. Meskipun saya terbilang amatir dalam hal ini, tapi saya bisa merasakan pengalaman yang menarik dan kepuasan yang berbeda ketika menggunakan canva ini. 
c. Suka dan duka dalam pembuatan project ini, saya rasa cukup kompleks. Namun, itu tidak membuat saya menyesal dan pasrah juga berpuas diri begitu saja, saya akan lakukan lebih baik kedepannya apabila ada tugas membuat media visual kembali. Saya senang karena ternyata saya mudah mengaplikasikannya, mudah menggunakan program-programnya, cukup mengerti dan memahami simbol-simbol yang ada dalam aplikasinya, mudah menggunakan ketika saya mengulang kembali membuat media visual secara mandiri, duka nya tentu saja dalam hal ketelatenan saya akui kurang menyukai dunia desain seperti ini, namun tidak ada kata lelah dalam belajar dan berproses dalam bidang keilmuwan apapun, kapanpun dan dimanapun. 
d. Hal yang dipelajari ketika mengerjakan project, yang saya dapatkan terutama nilai kesabaran, nilai kedisiplinan saya yang terpacu ketika mengerjakan project ini. Saya dituntut harus berimajinasi try out of the box tanpa mengulur-ngulur waktu yang telah digunakan semaksimal mungkin sesuai dengan deadline yang telah ditentukan.
II. Project 2: 
Produk : 
Read Aloud Video Youtube
Judul Buku Cerita : The Story of Noah's Ark
a. Deskripsi singkat mengenai project ini, merupakan membaca nyaring dengan menggunakan buku cerita bergambar, saya membaca nyaring mengenai buku cerita Nabi Nuh A.S. dengan Perahunya, disini diulas dengan jelas bagaimana Nabi Nuh A.S. diutus oleh Allah SWT untuk menebar kebaikan, agar banyak pengikut yang berada dijalan kebaikan. Perjuangan Nabi Nuh A.S. dan umatnya kala itu. 
b. Alasan saya memilih project ini, sebab memacu rasa penasaran saya dalam hal mengedit video, membaca nyaring dengan intonasi, irama, vokal yang jelas dan sesuai, juga melatih bahasa inggris saya yang kurang fasih. 
c. Suka dan duka dalam membuat project ini, ialah saya tidak bisa sehari/dua hari menentukan ide cerita apa yang tepat dan sesuai untuk AUD, berlatih mengucap kosakata dengan baik dan benar, menentukan gaya penyampaian cerita agar menarik dan tidak membosankan, sabar ketika proses editing videonya. 
d. Hal yang dipelajari ketika mengerjakan project, ialah harus visioneris. Dimana strategi dan penyusunan konsep harus benar-benar matang, kesiapan dan time management nya sesuai juga tepat, mood yang baik sehingga tidak perlu take video berulang-ulang, rapih dan teliti ketika proses editing juga penyeleksian bagian-bagian video agar menjadi satu video yang utuh. 
3. Kesan saya ketika mengikuti mata kuliah ini, terutama dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, satu dan banyak lain hal yang telah saya ketahui mengenai  pembelajaran komputer untuk aud ini ternyata sangat berdampak banyak, luas juga bermanfaat bagi kita semua calon tenaga pendidik anak usia dini kedepannya, terlepas tidak ingin menjadi guru pun. Implementasinya bisa disesuaikan dengan Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dimasa yang akan datang agar tidak tertinggal dan bisa turut berkontribusi untuk negeri ini.
4. Hal yang masih ingin saya pelajari dari mata kuliah ini, saya masih ingin rutin belajar dan berlatih mengenai aplikasi augmented reality, saya masih penasaran dengan bagaimana membuat media visual sangat menarik dengan waktu cepat namun hasil tepat, ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara membuat media pembelajaran melalui games agar mudah digunakan oleh AUD, tetapi tidak menginggalkan konteks bermain sambil belajarnya, dan masih banyak lagi.

2 comments:

  1. Infographic
    1. Kejelasan pesan yang disampaikan 90
    2. Relevansi media visual (Gambar/Warna/Tulisan) dengan karakteristik AUD 90
    3. Kreativitas/orisinalitas pembuatan media visual 90


    Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi 80
    2. Interaktivitas 80
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD 80

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, terimakasih Bu Finita.. :)

    ReplyDelete