Saturday, June 13, 2020

Refleksi Nur Awallyyah Handayani

Nama         : Nur Awallyyah Handayani
NIM            : 1701504
Kelas         : 6B PGPAUD

I. PROJECT 1
Produk : Media Visual

a. Project Media Visual merupakan Project kedua pada perkuliahan ini. Kami diintruksikan untuk menganalisis, merencanakan dan membuat media visual yang berbentuk infographic.
b. Alasan saya memilih project media visual untuk dijadikan bahan penilaian, karena Project pertama saya terkena copyright karena backsound yang saya gunakan. Oleh karena itu, saya memilih infographic sebagai tugas untuk dinilai pada semester ini.
c. Pada pembuatan project ini tidak terlalu banyak hambatan, hanya mungkin terbatas signal dan editing di aplikasi canva di handphone lebih terbatas dari pada di laptop. Dan kebetulan laptop saya sedang rusak, jadi saya hanya mengeditnya di handphone.
d. Hal yang ingin saya pelajari adalah mengedit dengan aplikasi Corel Draw.

II. PROJECT 2
Produk : Video Read Aloud

a. Project video read aloud merupakan Project ketiga pada perkuliahan ini. Kami diintruksikan untuk menganalisis video read aloud dan mengadaptasi menjadi video read aloud versi indonesia. 
b. Alasan saya memilih project ini untuk bahan penilaian ialah karena project ini adalah yang cukup baik menurut saya. 
c. Pada proses pembuatan video, saya harus memastikan rumah saya sepi (adik saya banyak bunda:''). Dan pada saat video telah terupload, link video telah terlampir di padlet dan telah di share ternyata tidak ada suaranya. Jadi saya harus menghapusnya dari YouTube, mengeditnya ulang juga menguploadnya lagi.
d. Hal yang ingin saya pelajari ialah membuat video read aloud orang luar negeri dan di re-upload dengan isi suara saya versi bahasa Indonesia dan bebas dari copyright apabila di upload. 

III. KESAN PADA PERKULIAHAN
Tak terasa telah berada perhujung semester 6, makin dekat dengan wisuda. Yeay!
Selama mengikuti perkuliahan, mata kuliah ini adalah mata kuliah yang ditunggu. Karena kelas terasa tidak menegangkan, lab. komputer adalah tempat yang nyaman bagi saya. Biasanya saya mendapatkan kelas lab. komputer pada matakuliah hitung-menghitung dan sekarang memang benar-benar untuk pembelajaran komputer dan saya sangat menikmati itu.
Saya merasa enjoy pada perkuliahan ini, karena entah saya cocok dengan cara menjelaskan Miss Finita. Dulu, sebenarnya saya agak merasa takut karena selentingan mengenai tugas yang akan di berikan pada mata kuliah ini. Akan tetapi, sebenarnya tugas-tugas yang diberikan saat dijalani saya rasa sangat bermanfaat bagi saya. Sejujurnya, karena perkuliahan ini juga saya pernah berpikir untuk mencoba untuk membuat konten di YouTube. Walaupun terdengar mustahil, tapi sudah saya coba dengan konten DIY. Dan yap, itu semua termotivasi karena pembelajaran ini. Terima Kasih Miss atas semua ilmu yang telah diberikan. Semoga saya bisa mengingatnya dan menyebarkannya🙏 

IV. HAL YANG INGIN DIPELAJARI
Entah sebenarnya hal yang ingin saya pelajari pada mata kuliah ini relevan atau tidak. Tapi sejujurnya saya ingin belajar lebih dalam mengenai editing video. Dan belajar Corel Draw untuk menjadi bahan video animasi edukatif untuk anak.

with love,
Nur Awallyyah Handayani.
6B PGPAUD.

1 comment:

  1. Infographic
    1. Kejelasan pesan yang disampaikan 70
    2. Relevansi media visual (Gambar/Warna/Tulisan) dengan karakteristik AUD 70
    3. Kreativitas/orisinalitas pembuatan media visual 80

    Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi 80
    2. Interaktivitas 80
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD 80

    ReplyDelete