Friday, June 12, 2020

Refleksi Azka Aulia Azzahra

Nama Lengkap            : Azka Aulia Azzahra
NIM                            :
1703409
Kelas                           :
6B- PGPAUD

I. Project 1                  : 
Produk:  https://padlet-uploads.storage.googleapis.com/520755866/435a7b13b7846977cc844fc3dbc9c7e5/Business_Infographic__2_.jpg , 
https://padlet-uploads.storage.googleapis.com/520755866/01841d4a92132c0926c01c57ccc213bf/Teal_Gold_Sports_Timeline_Infographic__4_.jpg 

Cerita : Dalam projek ini saya membuat tentang Arti Pertemanan dan Kata Ajaib. Saya memilih projek ini karena saya membuatnya sepenuh hati hehe. Saya ingin mengedukasi anak tentang Arti Pertemanan yang sekarang sudah banyak tidak ditemui dilingkungan sekitar. Juga saya ingin mengedukasi anak tentang Kata Ajaib. Yang mana di media visual itu saya menyampaikan adab-adab dalam kehidupan. Seperti meminta maaf, permisi, tolong dan terimakasih. Sekarang pun sudah jarang ditemui orang-orang berkata sopan demikian di lingkungan. Suka duka dalam pembuatan media grafis ini adalah saya menyukai desain dan editing, namun saya kesulitan mengedit karena saat itu hp saya sedang full memori oleh tugas video mata kuliah lain hehe laptop yang saya gunakan sedang dibawa ayah saya keluar kota.

II. Project 2                 :

Produk: Youtube Read Aloud "Permainan Baru"


Cerita:
Dalam projek ini saya bercerita dengan judul Permainan Baru. Saya mencantumkan cuplikan permainan zaman dahulu yaitu "Permainan Pelepah Pisang". Saya memilih projek ini karena selain bercerita saya juga ingin mengedukasi anak bahwa bermain tidak harus mahal, bisa menggunakan bahan, barang dan lingkungan sekitar. Lalu saya juga memberikan cuplikan permainan zaman dahulu, yang mana saya berharap dengan adanya cuplikan tersebut anak usia dini bisa paham betapa asiknya permainan zaman dahulu dan nilai-nilai pertemanan seperti saling menghargai, saling menyayangi dan saling bekerjasama. Suka duka dalam pembuatan video ini adalah saya menyukai editing video namun saya tergolong orang yang tidak bisa bersuara keras. Maka dari itu saya selalu mendubbing ulang video yang saya buat, karena jika tidak pasti dalam video tersebut suara saya tidak terdengar / kecil. Dan proses tersebut kadang memakan waktu yang lama. Karena berulang-ulang saya memproses suara dubbing agar sesuai dengan gerakan mulut saya. Lalu, memori juga membutuhkan ruang yang banyak karena kadang sekitar 6 kali proses baru selesai hehe.

III. Kesan selama mengikuti mata kuliah ini                          :

Awalnya saya sangaaaaaat tidak percaya diri untuk berbicara di kamer lalu menguploadnya di youtube. Yang mana orang lain seluruh dunia bisa lihat dan jejak digital media juga bisa dibilang selamanya, kan ? hehe. Namun ketika awal mencoba bersama teman saya Dika di tugas pertama, saya merasa agak terbiasa. Lalu makin terbiasa ketika adanya pandemic ini hehe. Karena rata-rata tugas mata kuliah mengharuskan upload video ke youtube.

Dosen saya, Miss Fin selalu memberikan jeda waktu tugas yang panjang. Hingga saya bisa memaksimalkan apa yang beliau tugaskan. Cuman Miss Fin saya rasa yang dosen yang selalu memberikan jeda waktu tugas dengan waktu yang cukup untuk memaksimalkan tugasnya hehe. Teriamakasih, Miss Finn J


IV. Hal yang masih ingin dipelajari dari mata kuliah ini        :

Sepertinya akan seru jika nanti bertemu lagi dan ada projek tugas sekelas. Projek membuat akun youtube bikinan pgpaud upi pwk untuk anak usai dini. Seperti misal : Dongeng boneka tangan, atau lain-lain. Mengingat tontonan anak usia dini sudah jarang ditemui lagi.

1 comment:

  1. Infographic
    1. Kejelasan pesan yang disampaikan 90
    2. Relevansi media visual (Gambar/Warna/Tulisan) dengan karakteristik AUD 90
    3. Kreativitas/orisinalitas pembuatan media visual: 90

    Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi 80
    2. Interaktivitas 70
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD 70

    ReplyDelete