Saturday, June 13, 2020

Refleksi Ayu Vita TR

Nama : Ayu Vita TR
Nim : 1705822
Kelas : 6A Pgpaud

1. Project 1 (Unboxing Game The Highlight Zone) 
Cerita:
a. Deskripsi singkat project
Dalam project pertama saya memilih "unboxing video" dimana dalam project ini saya dan teman kelompok saya melakukan unboxing mengenai salah satu game anak usia dini yang ada di website "https://pbskids.org/peg/games" dalam web tersebut terdapat banyak sekali jenis permainan untuk anak usia dini. Pada kesempatan itu saya dan teman saya memili untuk meng unboxing salah satu game "the highlight zone" dimana dalam game tersebut dapat mengenalkan bentuk-bentuk geometri sederhana kepada anak melalui permainan yang menyenangkan. Dalam project unboxing ini kami membahas mengenai topik atau tema yang ada dalam game tersebut,  cara atau langkah-langkah untuk menggunakan game, kecocokan web dengan pendidikan anak usia dini, kerelevanan  dengan materi di peud,  game the highlight dalam pembelajaran di paud dan informasi tambahan mengenai game tersebut.
b. Alasan memilih project
Alasan saya memili project unboxing game karena ini merupakan project pertama yang saya buat di mata kuliah pembelajaran komputer bersama teman saya, selainn itu project ini juga menarik dan menyenangkan sebab berkaitan dengan permainan yang dapat digunakan untuk anak dan tidak menutup kemungkinan kalau orang dewasa juga menyukai game yang ada dalam website yang pernah kami ekplore melalui kegiatan ini juga kami memiliki wawasan tambahan mengenai permainan untuk anak usia dini yang nantinya bisa digunakan juga untuk pembelajaran.
c. Suka duka
Setiap melakukan sesuatu hal pasti saja terdapat suka dan duka yang dialami, hal tersebut sangat wajar terjadi apa lagi dalam sebuah project yang dilakukan secara berkelompok. Suka dalam proses menyelesaikan project ini merasa enjoy dan menyenangkan, terlebih project ini adalah melakukan unboxing salah satu game yang cukup sederhana namun memilik pembelajaran juga. Sedangkan ada beberapa duka yang saya alami ketika menyelesaikan project ini, seperti terjadi miskomunikasi dengan teman kelompok saya, ketika take video mengalami sedikit hambatan, juga dalam hal editing karena jarang melakukan kegiatan editing sehingga masih dalam proses belajar yang menyebabkan salah dibeberapa bagian hingga mengharuskan edit ulang hingga dua sampai tiga kali edit, selain itu juga terkendala dalam aplikasi editing yang mana di dalam laptop kami berdua ditak memiliki aplikasi edit video sehingga kami harus meminjam laptop kepada teman yang lain  dan ketika mengunggah video ke youtube.
d. Hal yang dipelajari
Yang dapat dipelajari selama mengerjakan project ini tentunya perihal kesabaran, kekompakan, kerjasama dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas berkelompok, selain itu juga dengan menyelesaikan tugas ini saya menjadi lebih mengetahui bagaimana cara mengedit video walaupun hingga saat ini masih dalam proses belajar dan tentunya pengetahuan baru perihal permainan yang dapat mengedukasi anak.

2. Project 2 (Read Aloud Video)
a. Deskripsi singkat project
Project ini merupakan project terakhir yang saya selesaikan di masa pandemi, dalam project read aloud video ini saya memilih menceritakan salah satu buku cerita anak seri siang dan malam "laut" dimana dalam cerita yang saya ceritakan di dalam video itu tentang kehidupan di laut pada saat siang dan malam hari. Melalui project ini saya harap dapat mengenalkan waktu siang dan malam hari di laut melalui cerita yang saya bacakan di dalam project ini.
b. Alasan memilih project
Alasan saya memilih project read aloud ini karena saya menyukai project ini, saya juga berusaha semaksimal mungkin dalam menyelesaikan project ini. Sebab dalam project ini saya dapat berbagi pengetahuan melalui bercerita.
c. Suka duka
Dalam menyelesaikan project ini saya mengalami suka duka, dimana sukanya saya sudah merancang rencana untuk menyelesaikan project ini sejak awal dengan harapan project ini akan sesuai dengan ekspetasi yang saya inginkan dengan diberikan waktu yang cukup itu saya berekpetasi ingin memberikan hasil yang terbaik, namun saya hanya bisa berencana semuanya diluar kemampuan saya. Saya mengalami beberapa hambatan dalam menyelesaikan tugas ini seperti karena tugas ini beriringan dengan masa pandemi yang membuat saya sedikit kesulitan dalam mencari buku cerita hingga akhirnya saya memilih untuk membeli secara online namun ternyata pengiriman bukunya lumayan cukup memakan waktu, selain itu ketika take video saya harus melakukan dua kali take sebab yang take yang pertama hasilnya tidak cukup memenihi ekspetasi saya walaupun hasil take yang kedua juga tidak jauh berbeda namun ini cukup lebih baik dari sebelumnya.
d. Hal yang dipelajari
yang bisa saya pelajari ketika menyelesaikan project ini yaitu saya mengetahui pengetahuan baru mengenai metode bercerita dan menjadikan saya semakin suka dalam hal bercerita, bagaimana cara memilihkan dan menceritakan sebuah buku cerita kepada anak dan lainnya.
3. Kesan mengikuti mata kuliah ini sangat menyenangkan, akan lebih menyenangkan lagi jika mata kuliah ini dapat dilakukan secara face to face. Namun walaupun pada masa pandemi dan harus melaksanakan kuliah secara online pada mata kuliah ini tidak terlalu memberikan beban yang memberatkan namun tetap memiliki taget dan hasil yang pasti. Penyampaian materi yang disampaikan juga sangat jelas, terimakasih banyak ya bu atas ilmu yang telah ibu berikan kepada kami. Semoga kami dapat mengaplikasikan nya nanti dengan baik
4. Yang ingin dipelajari kembali dalam mata kuliah ini tentang augmented reality

1 comment:

  1. Project Read Aloud Video
    1. Suara/Ekspresi/intonasi 90
    2. Interaktivitas 90
    3. Kesesuaian video dengan karakteristik AUD 100

    Unboxing Website
    1. Kejelasan deskripsi website 80
    2. Kejelasan Demonstrasi website 90
    3. Kejelasan analisis relevansi website 90

    ReplyDelete